Penerapan Praktik Yoga Dalam Mengoptimalkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.51213/jmm.v8i2.190Keywords:
kecerdasan kinestetik, yoga, anak, kinesthetic intelligence, childAbstract
Kecerdasan kinestetik berkaitan dengan perkembangan motorik anak. Permasalahan yang sering terjadi adalah anak masih canggung dalam bergerak, malu – malu dan tidak percaya diri dalam menggerakkan tubuhnya. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik adalah yoga. Stimulasi dengan yoga merupakan kegiatan merangsang kemampuan semua aspek perkembangan dasar anak yang meliputi stimulasi sentuh, gerak, urut, pendengaran dan penglihatan dengan mengutamakan rasa nyaman, aman, menunjukkan perhatian dan kasih sayang sehingga perkembangannya akan berlangsung secara optimal. Tujuan pengabdian ini agar anak dapat mengikuti yoga untuk menstimulasi kecerdasan kinestetik. Pengabdian ini terintegrasi dalam mata kuliah Pelayanan Komplementer Pada Ibu dan Anak. Target pengabdian ini anak umur 4-6 tahun. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir. Tahapan persiapan meliputi pengkajian masalah dan penyusunan proposal. Tahapan pelaksanaan adalah melakukan yoga anak. Hasil dari kegiatan ini anak antusias dan semangat dalam melakukan yoga. Hal ini terlihat dari awal kegiatan sampai akhir, siswa mengikuti semua gerakan yoga serta saat evaluasi, siswa dapat melakukan sendiri gerakan yoga sesuai dengan yang diperintahkan. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara berkesinambungan dan memberikan manfaat untuk menstimulasi kecerdasan kinestetik pada anak.References
N. P. Sari, N. Novitawati, M. A. Setiawan, and M. Mutiani, “Peran Yoga dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Bagi Anak Usia Dini,†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4681–4689, Jun. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2451.
N. I. Shandya, N. M. Azni, N. H. N. Fitri, and Sakinah, “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Metode Bermain Gerak Pada Anak Usia Dini,†vol. 9, no. 5, pp. 132–141, 2024.
V. A. Nyolinda and M. Hartanti, “Campaign to Introduce Children Yoga to the Mothers in Bandung City,†VCD, vol. 1, no. 1, pp. 18–32, Jan. 2017, doi: 10.37715/vcd.v1i1.316.
I. Ceria and P. P. Rahayu, “Pengaruh Stimulasi Kids Yoga Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Pra Sekolah,†Journal Of Heallth Sciences Leksia, vol. 2, no. 4, pp. 66–75, 2024.
N. L. P. D. S. Lestari and P. S. Marselinawati, “Yoga Kids : Membangun Kesehatan Fisik Dan Mental Anak Usia Dini,†Jurnal Prodi Teologi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja, vol. 4, no. 1, pp. 39–45, 2024.
R. N. Rashedi, S. E. Rowe, R. A. Thompson, E. J. Solari, and K. A. Schonert-Reichl, “A Yoga Intervention for Young Children: Self-Regulation and Emotion Regulation,†J Child Fam Stud, vol. 30, no. 8, pp. 2028–2041, Aug. 2021, doi: 10.1007/s10826-021-01992-6.
S. B. S. Khalsa and B. Butzer, “Yoga in school settings: a research review,†Ann N Y Acad Sci, vol. 1373, no. 1, pp. 45–55, Jun. 2016, doi: 10.1111/nyas.13025.
D. A. Sari and S. Nurfitriah, “Enhancing Kinesthetic Intelligence in Children Between The Ages of 5-6 Through Yapong Traditional Dance,†Journal of Islamic Education Students (JIES), vol. 4, no. 1, p. 95, May 2024, doi: 10.31958/jies.v4i1.12276.
D. V. Apriloka, “Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau Dari Jenis Kelamin,†JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, vol. 3, no. 1, pp. 61–67, 2020.
T. Novelia Gulo, S. Mutiara Putri, and R. Fahreza, “Pengaruh Potensi Kemampuan Kinestik Terhadap Kecerdasan Intelektual Pada Siswa Kelas V Sd Kehidupan Baru,†Nuansa : Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, vol. 17, no. 1, Jun. 2024, doi: 10.29300/nuansa.v17i1.4325.
C. Oktavia, M. Sit, and M. Basri, “Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Tarian Tradisional Di RA Firdaus Griya Prima,†Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, vol. 6, no. 1, pp. 18–26, Jun. 2022, doi: 10.35896/ijecie.v6i1.316.
R. Vargas-Vitoria et al., “Effects of Combined Movement and Storytelling Intervention on Fundamental Motor Skills, Language Development and Physical Activity Level in Children Aged 3 to 6 Years: Study Protocol for a Randomized Controlled Trial,†Children, vol. 10, no. 9, p. 1530, Sep. 2023, doi: 10.3390/children10091530.
D. N. Siswanti and Muh. Daud, “Manfaat Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini,†Indo-MathEdu Intellectuals Journal, vol. 5, no. 6, pp. 6598–6610, Nov. 2024, doi: 10.54373/imeij.v5i6.1947.
L. Barokah and I. F. Ayuningtyas, Buku Ajar Pelayanan Komplementer Pada Ibu dan Anak. 2024.
A. Aleksić Veljković, B. Katanić, and B. Masanovic, “Effects of a 12-Weeks Yoga Intervention on Motor and Cognitive Abilities of Preschool Children,†Front Pediatr, vol. 9, Nov. 2021, doi: 10.3389/fped.2021.799226
.[16] G.-P. Jiang et al., “Balance, Proprioception, and Gross Motor Development of Chinese Children Aged 3 to 6 Years,†J Mot Behav, vol. 50, no. 3, pp. 343–352, May 2018, doi: 10.1080/00222895.2017.1363694.
N. P. E. Astuti, “OPTIMIZING CHILDREN GROSS MOTORIC SKILL BY YOGA ASANA PRACTICE IN COVID-19 PANDEMIC,†JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 4, no. 5, p. 926, Sep. 2020, doi: 10.33578/pjr.v4i5.8032.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![]()
Jurnal Masyarakat Merdeka (JMM) articles are published under license Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) .


