Family Support: Edukasi Perlindungan dan Keselamatan Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Ibu dan Anak di Desa Mojoagung

Authors

  • Ida Swasanti Universitas Bojonegoro
  • Esa Septian Universitas Bojonegoro
  • Novita Ellisa Rusdiana Saputri Universitas Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.51213/jmm.v8i1.174

Keywords:

Kekerasan dalam rumah tangga, perlindungan ibu dan anak, pencegahan kekerasan, komunikasi efektif, edukasi keluarga, Domestic violence, maternal and child protection, violence prevention, effective communication, family education

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), terutama yang melibatkan ibu dan anak, masih menjadi masalah serius di Indonesia. Meskipun ada upaya untuk menjaga keamanan keluarga, banyak kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan rumah tangga, menyebabkan dampak negatif terhadap fisik dan mental korban. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai perlindungan dan keselamatan ibu serta anak di Desa Mojoagung, dengan fokus pada pencegahan kekerasan melalui komunikasi yang efektif dalam keluarga. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan partisipatif, yang melibatkan sosialisasi, diskusi interaktif, dan workshop praktis. Hasil dari pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta mengenai hak-hak perlindungan ibu dan anak, serta keterampilan untuk mengidentifikasi dan mencegah kekerasan. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dalam berpartisipasi dalam kegiatan yang mendorong komunikasi terbuka dan kesadaran tentang perlindungan keluarga. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya peran keluarga dalam melindungi ibu dan anak dari kekerasan. Rekomendasi untuk tindak lanjut mencakup pelatihan lanjutan dan pembentukan kelompok dukungan masyarakat, yang diharapkan dapat memperkuat keberlanjutan dari upaya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Author Biographies

Ida Swasanti, Universitas Bojonegoro

Universitas Bojonegoro

Esa Septian, Universitas Bojonegoro

Universitas Bojonegoro

Novita Ellisa Rusdiana Saputri, Universitas Bojonegoro

Universitas Bojonegoro

References

Komnas Perempuan, “KEKERASAN MENINGKAT: KEBIJAKAN PENGHAPUSAN KEKERASAN SEKSUAL UNTUK MEMBANGUN RUANG AMAN BAGI PEREMPUAN DAN ANAK PEREMPUAN CATATANâ€, Komnas Peremp., bl 91 hlm, 2020, [Online]. Available at: http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Komnas Perempuan, “PEREMPUAN DALAM HIMPITAN PANDEMI: LONJAKAN KEKERASAN SEKSUAL, KEKERASAN SIBER, PERKAWINAN ANAK, DAN KETERBATASAN PENANGANAN DI TENGAH COVID-19â€, 2021.

N. Mahfudah en S. M. Habibah, “Peran Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Dalam Pendidikan Anti Kekerasan Dalam Rumah Tangga Di Kota Surabayaâ€, J. Civ. Moral Stud., vol 7, no 2, bll 91–96, 2023, doi: 10.26740/jcms.v7n2.p91-96.

W. Saugi, Z. Zurqoni, S. Syarifaturrahmatullah, M. H. Abdillah, S. Susmiyati, en I. Sutoko, “Cinta dan Kehangatan: Studi Kualitatif Pembentukan Nilai Toleransi Anak Usia Dini di Papuaâ€, J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol 6, no 6, bll 5630–5640, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.2787.

P. N. Utami en Y. Primawardani, “Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Indonesia Efforts to Prevent Violence Against Indonesian Childrenâ€, J. Sentuhan Keadilan, no Semnaskum, bll 1–6, 2022.

I. A. D. Pane en R. Sekartini, “Kekerasan terhadap Remaja serta Faktor-Faktor yang Memengaruhi pada Masa Pandemi COVID-19â€, Sari Pediatr., vol 25, no 1, bl 46, 2023, doi: 10.14238/sp25.1.2023.46-53.

M. Junco-Guerrero, A. Ruiz-Fernández, en D. Cantón-Cortés, “Family Environment and Child-To-Parent Violence: The Role of Emotional Insecurityâ€, J. Interpers. Violence, vol 37, no 15–16, bll NP13581–NP13602, 2022, doi: 10.1177/08862605211006370.

N. Graham-Kevan, “Domestic violence: Research and implications for batterer programmes in Europeâ€, Eur. J. Crim. Policy Res., vol 13, no 3–4, bll 213–225, 2007, doi: 10.1007/s10610-007-9045-4.

S. Robertson, P. Zuniga, H. Christenson, en J. Young, “Gender dynamics in high school policy debate: propagating gender hierarchies in advocating ‘better’ futuresâ€, Gend. Educ., 2022, doi: 10.1080/09540253.2022.2094348.

M. H. A. P. Sinaga, M. C. Rizky, en F. Rafianti, “Pemberdayaan Masyarakat Desa untuk Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan dalam Rumah Tangga Desa Pematang Seraiâ€, J. Soc. Responsib. Proj. by High. Educ. Forum, vol 4, no 2, bll 123–128, 2023, doi: 10.47065/jrespro.v4i2.4534.

N. Nurwanto, G. Ismail, en F. Amalia, “Resolving School Violence: Law, Policy and Advocacy Limitationsâ€, Proc. Int. Conf. Sustain. Innov. Track Humanit. Educ. Soc. Sci. (ICSIHESS 2021), vol 626, no January, 2022, doi: 10.2991/assehr.k.211227.042.

F. Riana, S. Herawati, en D. Amaliah, “Memberdayakan Potensi Keluarga Melalui Partisipasi Dan Kesadaran Lingkungan Masyarakat Di Desa Cimanggu Iiâ€, Abdi Dosen J. Pengabdi. Pada Masy., vol 2, no 4, 2018, doi: 10.32832/abdidos.v2i4.221.

A. D. Laksono, R. D. Wulandari, N. Amaliah, en R. W. Wisnuwardani, “Stunting among children under two years in Indonesia: Does maternal education matter?â€, PLoS One, vol 17, no 7 July, Jul 2022, doi: 10.1371/journal.pone.0271509.

I. Yosep, R. Hikmat, en A. Mardhiyah, “The impact of domestic violence on cognitive and psychological development of children: A scoping reviewâ€, J. Keperawatan Padjadjaran, vol 10, no 3, bll 196–203, 2022, doi: 10.24198/jkp.v10i3.2076.

Y. Setianti, H. Hafiar, T. Damayanti, en A. R. Nugraha, “Media informasi kesehatan reproduksi bagi remaja disabilitas tunagrahita di Jawa Baratâ€, J. Kaji. Komun., vol 7, no 2, bl 170, 2019, doi: 10.24198/jkk.v7i2.22655.

I. Marzuki, M. Jamhuri, M. R. Nawawi, M. I. Al Farisi, en Irfan, “PKM Penyuluhan Hukum Tentang Kekerasan pada Anak di Madrasah Aliyah Zainul Bahar Wringin Bondowosiâ€, GUYUB J. Community Engagem., vol 3, no 3, bll 221–230, 2022, doi: 10.33650/guyub.v3i3.4868.

P. Herlina, S. Wulandari, en Musta’ana, “Collaborative Governance Dalam Pencegahan Pernikahan Usia Anak di Kabupaten Bojonegoroâ€, SAWALA J. Adm. Negara, vol 11, no 2, bll 333–352, 2023, doi: 10.30656/sawala.v11i2.7688.

S. Wulandari, E. Septian, P. H. Suryohayati, en F. Rizkia, “Instilling gender equality values as a formulation for preventing bullying behaviorâ€, ABDIMAS J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol 9, no February, bll 180–192, 2024.

I. Criminal en J. Information, “A guide to conducting focus groupsâ€, Cent. JUSTICE Res. Eval., vol June, no 1, bll 1–13, 2022.

M. Zimmerman, “Empowerment Theoryâ€, no October 2012, 2015, doi: 10.1007/978-1-4615-4193-6.

L. Joyce, G. Mavis, S. Beth, K. Clark, N. Rodriguez, en L. Frances, “School, Family, and Community Partnershipsâ€, in Corwin Press, Sage Publications Company, 2002.

M. S. Knowles, “The Modern Practice of Adult Education From Pedagogy to Andragoyâ€, in Cambridge, New York: Cambridge University Press, 1980.

Downloads

Published

03-05-2025

How to Cite

Swasanti, I., Septian, E., & Saputri, N. E. R. (2025). Family Support: Edukasi Perlindungan dan Keselamatan Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Ibu dan Anak di Desa Mojoagung. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 8(1), 43–57. https://doi.org/10.51213/jmm.v8i1.174

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.