Pemberdayaan Komite Sekolah dan Madrasah Untuk Kemajuan Lembaga Pendidikan Melalui Sharing Program Dewan Pendidikan di Pamekasan

Authors

  • Supandi Supandi PPS Universitas Islam Madura
  • Moh. Subhan PPS Universitas Islam Madura
  • Abdul Hobir PPS Universitas Islam Madura
  • Mukhlishi Mukhlishi STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.51213/jmm.v7i1.154

Keywords:

pemberdayaan komite sekolah dan madrasah, kemajuan Lembaga sekolah dan madrasah, empowerment of school and madrasah committees, progress of school and madrasah institutions

Abstract

Pemberdayaan komite sekolah dan madrasah untuk kemajuan program Pendidikan melalui sharing program dewan Pendidikan di pamekasan perlu untuk kami lakukan mengingat kegiatan tersbut memiliki daya Tarik dan keunikan tersendiri kami, diantaranya adalah  komite sekolah dan madrasah masih belum faham terhadap tugas dan fungsi untuk membatu Lembaga Pendidikan, selain itu, komite sekolah dan madrasah belum berdaya dari beberapa aspek, seperti aspek pengetahuan tugas dan fungsinya maupun dari aspek finansial dan anggaran. Metode pengabdian dilakukan dengan beberapa taknik yang diantaranya adalah: 1) identifikasi kegiatan program pengabdian, 2) Menyusun perencanaan kegiatan pengabdian, 3) implementasi pengabdian, 4) Evaluasi dan tindak lanjut pengabdian, 5) publikasi dan penyebaran hasil pengabdian. Pengabdian kepada masyarakat tersbut kami lakukan diantaranya adalah: 1) Pelaksanaan tentang sharing program pemberdayaan dengan Dewan Pendidikan Kabupaten Pamekasan tahun anggaran 2023 yang meliputi: a) Peran dan fungsi komite sekolah dan madrasah, b) Pengembangan program kerja, c) Keterlibatan masyarakat, d) Kolaborasi dengan pihak terkait yakni dewan Pendidikan Kabupaten Pamekasan. 2) Hasil pelaksanaan sharing program pemberdayaan dengan Dewan Pendidikan Kabupaten Pamekasan tahun anggaran 2023 yang diantaranya adalah: a) Peningkatan pemahaman dan keterampilan, b) Peningkatan partisipasi masyarakat, c) d) Penguatan kolaborasi kelembagaan dengan dewan Pendidikan Kabupaten Pamekasan, e) Berdampak positif bagi lembaga pendidikan yang berupa lembaga pendidikan sekolah dan madrasah.

Author Biographies

Supandi Supandi, PPS Universitas Islam Madura

Lektor Kepala pada Program Pascasrjana Universitas Islam Madura

Moh. Subhan, PPS Universitas Islam Madura

PPS Universitas Islam Madura

Abdul Hobir, PPS Universitas Islam Madura

PPS Universitas Islam Madura

Mukhlishi Mukhlishi, STKIP PGRI Sumenep

STKIP PGRI Sumenep

References

Departemen Pendidikan Nasional, Pemberdayaan Komite Skolah: Modul 1 Penguatan Kelembagaan Komite Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasinal, 2009.

M. Sahibuddin, A. Faruq, U. Islam, M. Pamekasan, U. N. Makassar, and U. Sains, “Madrasah Committee : Implementation of ‘ Merdeka Belajar ’ and the Progress of Islamic Education in Pamekasan,” pp. 1–13, doi: 10.19105/tjpi.v19i1.10281.

Supandi dan Ahmad, “Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Perspektif Humanisme Di Ma Miftahul Qulub Galis Pamekasan,” Edureligian J. Pendidik. Agama Islam, vol. 3, no. 2, pp. 115–127, 2019, doi: https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1002.

R. Okra and Y. Novera, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan,” J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 4, no. 2, p. 121, 2019, doi: 10.30983/educative.v4i2.2340.

Ni KetutSariani, “Implementasi Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalamMenyelesaikan Soal Cerita di SD Negeri 37 Ampenan Kota Mataram Ni,” J. Paedagogy J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 7, no. 4, pp. 281–288, 2020.

D. P. Dasar, Manual Pembentukan Komite Sekolah & Pemilihan Pengurus Baru Komite Sekolah. Jakarta: Kemendikbud, 2012.

D. P. Nasional, Pemberdayaan Komite Skolah: Modul 2 Pengingkatan Kemampuan Organisasi Komite Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasinal, 2009.

D. Pendidikan, Data komite sekolah dan madrasah. Pamekasan: DP Pamekasan, 2022.

Rosidatul Munaiyah, “Analisis Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Anak Di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Guru Berkeluarga Di PP. Al-Amien Prenduan),” J. Ilm. AL-Jauhari J. Stud. Islam Dan Interdisip., vol. 6, no. 2, pp. 40–50, 2021.

D. Kristiani, “E-learning dengan Aplikasi Edmodo di Sekolah Menengah Kejuruan,” Pros. Semin. Nas. Multi Disiplin Ilmu Call Pap. Unisbank, pp. 36–45, 2016.

D. P. Nasional, Pemberdayaan Komite Skolah: Modul 3 Peningkatan Wawasan Kependidikan Pengurus Komite Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasinal, 2009.

P. Pemerintah, Dasar utama pembentukan komite sekolah pertama kalinya adalah undang-undang No. 25 Tahun 2000 yang kemudian dijabarkan ke dalam keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044/U/2002., 2000th ed. Jakarta, 2000.

Downloads

Published

07-06-2024

How to Cite

Supandi, S., Subhan, M., Hobir, A., & Mukhlishi, M. (2024). Pemberdayaan Komite Sekolah dan Madrasah Untuk Kemajuan Lembaga Pendidikan Melalui Sharing Program Dewan Pendidikan di Pamekasan. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 7(1), 17–32. https://doi.org/10.51213/jmm.v7i1.154

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.