Menumbuhkan Literasi Digital pada Kalangan Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Panggungrejo

Isnawati Lujeng Lestari, Vita Fibriyani, Ratna Zulfarosda

Abstract


Abstrak: Pada era perkembangan teknologi  saat ini, kemampuan menggunakan teknologi dan peralatan digital tidak hanya berlaku dan menyasar kalangan pelajar dan kaum pegawai kantoran saja, tetapi juga penting bagi ibu rumah tangga. Pemanfaatan teknologi dan optimalisasi literasi secara digital seharusnya diterapkan sejak orang tersebut memiliki smartphone atau android. Penggunaan dan pemanfaatan smartphone di kalangan ibu rumah tangga masih sangat terbatas pada perihal entertainment, bersosialisasi dan berkomunikasi antar teman melalui dunia maya. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi digital dan penggunaan aplikasi pembelajaran berbasis android. Kegiatan ini berupa berupa penyuluhan dan edukasi tentang pentingnya peningkatan pemanfaatan literasi digital. Sebanyak 40 ibu rumah tangga di istri karyawan salah satu perusahan milik negara di Kota Pasuruan terlibat dalam kegiatan kali ini. Kegiatan pertama dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pentingnya meningkatkan kemampuan literasi. Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi penggunaan Google Forms untuk menulis dan menuangkan ide atau pengalaman melalui link yang disediakan. Disamping itu, para ibu rumah tangga dikenalkan dengan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis android, cara meninstall, mengeksplor dan berlatih menggunakan software tersebut bersama-sama. Hal ini dapat membantu anak-anak mereka dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan. Peserta mengikuti kegiatan secara antusias dan semangat. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengabdian ini berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan yang dicapai.


Keywords


literasi digital; ibu rumah tangga; Google Forms; aplikasi pembelajaran berbasis android; digital literacy; housewives; Google Forms; learning application based on Android

Full Text:

PDF

References


C. Sonia, "Literasi Digital Ibu Rumah Tangga di Surabaya sebagai Digital Immigrant dalam Penggunaan Media Sosial di Surabaya.," 2018.

D. Belshaw, "What is 'digital literacy'? A Pragmatic investigation," 2012.

T. Mayes and C. Fowler, (). Learners, Learning Literacy and the Pedagogy of E-Learning., London: Cambridge University Press, 2018.

D. Novianti and S. Fatonah, Budaya Literasi Media Digital Pada Ibu-IbuI Rumah Tangga, vol. 21, Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 2019.

M. a. P. E. Sorohiti, "Penguatan Peran Wanita di dalam Keluarga Melalui “Program Koper Buku”," in PROSIDING SEMNAS PPM 2020: Inovasi Teknologi dan Pengembangan Teknologi Informasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Pasca Covid-19, 2020.

N. Saputri and T. Nur Arifin, "Penguatan Peran Ibu dalam Pola Pendampingan Terhadap Anak dan Media Baru.," 2018.

L. Khoerunnisa and R. Anwar, "Literasi Media Sosial Pada Ibu Rumah Tangga: Pemanfaatan Media Sosial Oleh Ibu Rumah Tangga Di Karawang Barat," vol. 2, no. 2, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v6i1.138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.