Pendampinangan dan Pengembangan Keterampilan Marketing Executive UMKM Tetebatu Selatan Melalui Pelatihan Konten Marketing
DOI:
https://doi.org/10.51213/jmm.v6i1.130Keywords:
Gula Semut, UMKM, marketing executive, Konten Marketing, PARAbstract
Urgensi penguasaan media dalam pemasaran produk termasuk Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) gula semut, adalah hal yang dibutuhkan. Pengabdian ini dilakukan untuk mengembangkan keterampilan Marketing Executive melalui pelatihan Konten Mareketing. Metode yang digunakan adalah Participatory Research (PAR). Atas dasar keterlibatan bersama. Hasil menunjukkan bahwa para pengrajin UMKM Gula Semut sangat menantikan untuk menerapkan strategi yang kami usulkan dan membantu mereka menjalankannya. Mereka juga sangat terbantu dengan adanya kegiatan pendampingan ini terkait pemasaran produk yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital (Digital Marketing) berupa media sosial seperti Instagram, Youtube dan Facebook. sehingga distribusi produk dalam pasar domestik dapat terselamatkan.References
Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2017). E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal Prosiding Snatif, 11– 16.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Jurnal Imajinasi, IX(2), 127–136.
Mahmudah, N., dkk, (2020). Pengolahan Durian dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Agung Pesawaran. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76–91.
Soedarwo, V. S. D., Zuriah, N., Yuliati, R., & Suwignyo. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal berbasis potensi lokal dalam membangun desa wisata adat. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 2(2), 96–102
Hendrawan, A., dkk, (2019). Pengaruh Marketing Digital terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1).
Bakhri, S. (2020). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan IKM (Industri Kecil dan Menengah). Yogyakarta: K-Media.
Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran, 1(1), 343–347.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![]()
Jurnal Masyarakat Merdeka (JMM) articles are published under license Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) .


