Pendampinangan dan Pengembangan Keterampilan Marketing Executive UMKM Tetebatu Selatan Melalui Pelatihan Konten Marketing

Authors

  • Andri Kurniawan Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ahmad Renaldi Febrian Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhamad Rowinsani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Putri Cahyadi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Arni Nasira Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhamad Sahrul Ghani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Rosliana Maulidia Universitas Islam Negeri Mataram
  • Laili Mawaddah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ayu Lestari Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51213/jmm.v6i1.130

Keywords:

Gula Semut, UMKM, marketing executive, Konten Marketing, PAR

Abstract

Urgensi penguasaan media dalam pemasaran produk termasuk Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) gula semut, adalah hal yang dibutuhkan. Pengabdian ini dilakukan untuk mengembangkan keterampilan Marketing Executive melalui pelatihan Konten Mareketing. Metode yang digunakan adalah Participatory Research (PAR). Atas dasar keterlibatan bersama. Hasil menunjukkan bahwa para pengrajin UMKM Gula Semut sangat menantikan untuk menerapkan strategi yang kami usulkan dan membantu mereka menjalankannya. Mereka juga  sangat terbantu dengan adanya kegiatan pendampingan ini terkait pemasaran produk yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital (Digital Marketing) berupa media sosial seperti Instagram, Youtube dan Facebook. sehingga distribusi produk dalam pasar domestik dapat terselamatkan.

Author Biographies

Andri Kurniawan, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram

Ahmad Renaldi Febrian, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram

Muhamad Rowinsani, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram

Putri Cahyadi, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram

Arni Nasira, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram

Muhamad Sahrul Ghani, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram

Rosliana Maulidia, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram

Laili Mawaddah, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram

Ayu Lestari, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram

References

Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2017). E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal Prosiding Snatif, 11– 16.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Jurnal Imajinasi, IX(2), 127–136.

Mahmudah, N., dkk, (2020). Pengolahan Durian dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Agung Pesawaran. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76–91.

Soedarwo, V. S. D., Zuriah, N., Yuliati, R., & Suwignyo. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal berbasis potensi lokal dalam membangun desa wisata adat. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 2(2), 96–102

Hendrawan, A., dkk, (2019). Pengaruh Marketing Digital terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1).

Bakhri, S. (2020). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan IKM (Industri Kecil dan Menengah). Yogyakarta: K-Media.

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran, 1(1), 343–347.

Downloads

Published

12-06-2023

How to Cite

Kurniawan, A., Febrian, A. R., Rowinsani, M., Cahyadi, P., Nasira, A., Ghani, M. S., … Lestari, A. (2023). Pendampinangan dan Pengembangan Keterampilan Marketing Executive UMKM Tetebatu Selatan Melalui Pelatihan Konten Marketing. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 6(1), 49–57. https://doi.org/10.51213/jmm.v6i1.130

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.