Pendampinangan dan Pengembangan Keterampilan Marketing Executive UMKM Tetebatu Selatan Melalui Pelatihan Konten Marketing

Andri Kurniawan, Ahmad Renaldi Febrian, Muhamad Rowinsani, Putri Cahyadi, Arni Nasira, Muhamad Sahrul Ghani, Rosliana Maulidia, Laili Mawaddah, Ayu Lestari

Abstract


Urgensi penguasaan media dalam pemasaran produk termasuk Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) gula semut, adalah hal yang dibutuhkan. Pengabdian ini dilakukan untuk mengembangkan keterampilan Marketing Executive melalui pelatihan Konten Mareketing. Metode yang digunakan adalah Participatory Research (PAR). Atas dasar keterlibatan bersama. Hasil menunjukkan bahwa para pengrajin UMKM Gula Semut sangat menantikan untuk menerapkan strategi yang kami usulkan dan membantu mereka menjalankannya. Mereka juga  sangat terbantu dengan adanya kegiatan pendampingan ini terkait pemasaran produk yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital (Digital Marketing) berupa media sosial seperti Instagram, Youtube dan Facebook. sehingga distribusi produk dalam pasar domestik dapat terselamatkan.

Keywords


Gula Semut; UMKM; marketing executive; Konten Marketing; PAR

Full Text:

PDF

References


Amelia, M. N., Prasetyo, Y. E., & Maharani, I. (2017). E-UMKM: Aplikasi Pemasaran Produk UMKM Berbasis Android Sebagai Strategi Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal Prosiding Snatif, 11– 16.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98.

Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Brand, 2(1), 147–153.

Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Jurnal Imajinasi, IX(2), 127–136.

Mahmudah, N., dkk, (2020). Pengolahan Durian dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Tanjung Agung Pesawaran. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 76–91.

Soedarwo, V. S. D., Zuriah, N., Yuliati, R., & Suwignyo. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal berbasis potensi lokal dalam membangun desa wisata adat. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 2(2), 96–102

Hendrawan, A., dkk, (2019). Pengaruh Marketing Digital terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1).

Bakhri, S. (2020). Membangun Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan IKM (Industri Kecil dan Menengah). Yogyakarta: K-Media.

Setiawati, I. (2017). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM. Strategi Komunikasi Pemasaran, 1(1), 343–347.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v6i1.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.