Upaya Kebangkitan UMK Kue Moci “Najah” Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Strategi Pemasaran Di Kota Semarang

Authors

  • Tri Endang Yani Universitas Semarang
  • Totok Wibisono Universitas Semarang
  • Anantya Roestanto Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51213/jmm.v6i1.127

Keywords:

Pandemi Covid-19, Kue Moci, Strategi Pemasaran, UMKM, Covid-19 Pandemic, Moci Cake, Marketing strategy, MSMEs

Abstract

Sejak awal tahun 2020 di seluruh dunia terjadi pandemi covid-19. Hal tersebut sangat berdampak buruk bagi seluruh sendi kehidupan manusia,  tidak hanya di bidang kesehatan, akan tetapi juga di bidang sosial, politik, teknologi, dan juga dibidang ekonomi. Salah satu UMKM  yang terdampak akibat pendemi covid-19 adalah UMKM Kue Moci “Najah”. UMKM ini terpaksa berhenti produksi selama sekitar dua tahun  akibat menurunnya jumlah pembeli. Pada awal tahun 2022,  pandemi covid-19 mereda dan masyarakat diperbolehkan kembali untuk beraktivitas, UMKM ini mulai mencoba bangkit kembali. Akan tetapi penjualan yang diperoleh belum sesuai dengan yang diharapkan. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan membantu UMKM dalam rangka meningkatkan penjualan pasca pandemi Covid-19. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat  adalah metode penyuluhan dan pelatihan. Target yang ingin dicapai adalah mitra dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan penjualan. Setelah dilakukan pengabdian masyarakat, telah terjadi perubahan yang positif pada pelaku UMKM kue moci “Najah” terhadap pengetahuan dan pemahaman dalam strategi memasarkan produk UMKM. Disamping itu Pelatihan yang diberikan dapat menambah ketrampilan bagi pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran secara online.

References

R. Rahmadi, C. Soolany, and A. R. Pratama, “Penerapan Manajemen Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Jual Produk Umkm Gula Merah Di Kabupaten Cilacap,” JTI, vol. 2, no. 2, 2018.

Kasmir, Kewirausahaan, vol. 7. Yogyakarta: PT Raja Grafindo , 2012.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung: Alphabet, 2019.

P. Kotler and G. Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 12th ed. Jakarta: Erlangga, 2016.

S. Assauri, Manajemen Perusahaan Dasar, Konsep & Strategi, 1st ed., vol. 14. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.

Charles. W. Lamb, J. F. Hair, and C. McDaniel, Pemasaran, 1st ed. Jakarta: Salemba Empat, 2001.

Downloads

Published

06-06-2023

How to Cite

Yani, T. E., Wibisono, T., & Roestanto, A. (2023). Upaya Kebangkitan UMK Kue Moci “Najah” Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Strategi Pemasaran Di Kota Semarang. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 6(1), 30–40. https://doi.org/10.51213/jmm.v6i1.127

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.