Pelatihan Pembuatan Konten Pemasaran Untuk Menunjang Promosi UMKM Di Kabupaten Malang

Jauharul Maknunah, Andri Prasetyo

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (UMKM) di era saat ini merupakan bidang usaha yang mampu bertahan untuk kelangsungan usahanya meskipun tidak secara maksimal.  berisi tentang isu dan fokus pengabdian, UMKM di wilayah Kabupaten Malang dalam rangka untuk menjaga terus berlangsungnya usaha mengalami kendala di bidang pemasaran, terutama yang berkaitan dengan internet marketing (Digital Marketing) yaitu pengetahuannya yang masih terbatas  tentang teknologi informasi dan bagi yang sudah memahami mengalami masalah untuk pembuatan konten yang menarik. Tim Dosen dan Mahasiswa  melaksanakan Pengabdian Masyarakat  dalam bentuk pelatihan dengan  tujuan untuk membantu dan melakukan pendampingan dalam pembuatan akun bisnis dan konten yang menarik. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode memberikan teori dan praktek yang dilanjutkan dengan pendampingan untuk mengevaluasi  perkembangan dari hasil pelatihan. Setelah  dilakukannya pelatihan dan pendampingan peserta telah berhasil membuat akun bisnis dan dapat pula  membuat konten yang menarik   juga berhasil pula mengupload produknya  ke dalam akun bisnis yang telah dibuat. Berdasarkan hasil angket yang telah disebar ke peserta sekitar 80%  menyatakan bahwa pelatihan ini sangat memberikan manfaat  guna mendukung promosi usahanya.

Keywords


Internet; Marketing ; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Ni Nyoman Kusuma Dewi dan I Gde Ketut Warmikat, "Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, Dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus," E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, vol. VI, no. 10, pp. 5580-5606, 2017.

Hadion Wijoyo, Haudi, Aris Ariyanto, Denok Sunarsi, Mada Faisal Akbar, "Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan," IKRAITH-ABDIMAS, vol. III, no. 3, pp. 169-175, 2020.

Rizki Wahyudi, Andi Dwi Riyanto, Berlilana, "Pelatihan Aplikasi Teknis Pengembangan Online Marketing Bagi UKM Se-Balingmascakeb," Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat, vol. I, no. 1, pp. 21-30, 2019.

Theresia Intan, Brigitta Revia dan Adjeng Erwita, "Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing," Jurnal Komunikasi Profesional, vol. III, no. 2, 2019.

Theresia Intan, Brigitta Revia dan Adjeng Erwita, "Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing," Jurnal Komunikasi Profesional, vol. III, no. 2, 2019.

Tubagus Mohammad Akhriza, Evy Sophia, Weda Adistianaya Dewa, Evaluasi Pendampingan Branding berbasis Platform Digital bagi UMKM se-Malang Raya Jurnal SMATIKA (In Press), LPPM STIKI, 2022.

Rahmatul Jannatin N, M. Wahyu Wardhana, ,RudiHaryanto, AgusPebriyanto, "Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM," Jurnal Impact : Implementation and Action, vol. II, no. 2, 2020.

Riandhita Eri Werdani, Nurul Imani Kurniawati, Johan Bhimo Sukoco, Anafil Windriya, Dian Iskandar, "Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media," PPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), vol. IV, no. 1, pp. 1-5, 2020.

Ginanjar Abdurrahman, Hardian Oktavianto, Ega Yusni Habibie, Anggar Wahyu Hadiyatullah, "Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran," Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, vol. I, no. 2, pp. 88-92, 2020.

Yuli Sudarso, Doddy Setyadi, M. Nahar, Rif’ah Dwi Astuti, Saptianing Saptianing, Rr. Ririn BU, Rustono Rustono, Erika Devie, "Pelatihan Kewirausahaan Bisnis Online Pada Pondok Pesantren Mahasiswa Muiz Pedalangan Semarang," in novasi dan Komersialisasi Riset Terapan Berbasis Kebutuhan Masyarakat dan Industri, Semarang, 2020.

Abdul Karim, Fadlina dan Garuda Ginting, "Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu," Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), vol. II, no. 19, pp. 12-16, 2022.

J. Helianthusonfri, Facebook Marketing, Jakarta: PT Elex Media, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v5i2.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka