Pelatihan Pembuatan Konten Pemasaran Untuk Menunjang Promosi UMKM Di Kabupaten Malang

Authors

  • Jauharul Maknunah STMIK PPKIA Pradnya Paramita
  • Andri Prasetyo STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang

DOI:

https://doi.org/10.51213/jmm.v5i2.110

Keywords:

Internet, Marketing, Pelatihan

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah  (UMKM) di era saat ini merupakan bidang usaha yang mampu bertahan untuk kelangsungan usahanya meskipun tidak secara maksimal.  berisi tentang isu dan fokus pengabdian, UMKM di wilayah Kabupaten Malang dalam rangka untuk menjaga terus berlangsungnya usaha mengalami kendala di bidang pemasaran, terutama yang berkaitan dengan internet marketing (Digital Marketing) yaitu pengetahuannya yang masih terbatas  tentang teknologi informasi dan bagi yang sudah memahami mengalami masalah untuk pembuatan konten yang menarik. Tim Dosen dan Mahasiswa  melaksanakan Pengabdian Masyarakat  dalam bentuk pelatihan dengan  tujuan untuk membantu dan melakukan pendampingan dalam pembuatan akun bisnis dan konten yang menarik. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode memberikan teori dan praktek yang dilanjutkan dengan pendampingan untuk mengevaluasi  perkembangan dari hasil pelatihan. Setelah  dilakukannya pelatihan dan pendampingan peserta telah berhasil membuat akun bisnis dan dapat pula  membuat konten yang menarik   juga berhasil pula mengupload produknya  ke dalam akun bisnis yang telah dibuat. Berdasarkan hasil angket yang telah disebar ke peserta sekitar 80%  menyatakan bahwa pelatihan ini sangat memberikan manfaat  guna mendukung promosi usahanya.

Author Biographies

Jauharul Maknunah, STMIK PPKIA Pradnya Paramita

Dosen STMIK PPKIA Pradnya Paramita

Andri Prasetyo, STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang

Dosen di Perguruan Tinggi

References

Ni Nyoman Kusuma Dewi dan I Gde Ketut Warmikat, "Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, Dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus," E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, vol. VI, no. 10, pp. 5580-5606, 2017.

Hadion Wijoyo, Haudi, Aris Ariyanto, Denok Sunarsi, Mada Faisal Akbar, "Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan," IKRAITH-ABDIMAS, vol. III, no. 3, pp. 169-175, 2020.

Rizki Wahyudi, Andi Dwi Riyanto, Berlilana, "Pelatihan Aplikasi Teknis Pengembangan Online Marketing Bagi UKM Se-Balingmascakeb," Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat, vol. I, no. 1, pp. 21-30, 2019.

Theresia Intan, Brigitta Revia dan Adjeng Erwita, "Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing," Jurnal Komunikasi Profesional, vol. III, no. 2, 2019.

Theresia Intan, Brigitta Revia dan Adjeng Erwita, "Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing," Jurnal Komunikasi Profesional, vol. III, no. 2, 2019.

Tubagus Mohammad Akhriza, Evy Sophia, Weda Adistianaya Dewa, Evaluasi Pendampingan Branding berbasis Platform Digital bagi UMKM se-Malang Raya Jurnal SMATIKA (In Press), LPPM STIKI, 2022.

Rahmatul Jannatin N, M. Wahyu Wardhana, ,RudiHaryanto, AgusPebriyanto, "Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM," Jurnal Impact : Implementation and Action, vol. II, no. 2, 2020.

Riandhita Eri Werdani, Nurul Imani Kurniawati, Johan Bhimo Sukoco, Anafil Windriya, Dian Iskandar, "Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media," PPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), vol. IV, no. 1, pp. 1-5, 2020.

Ginanjar Abdurrahman, Hardian Oktavianto, Ega Yusni Habibie, Anggar Wahyu Hadiyatullah, "Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran," Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, vol. I, no. 2, pp. 88-92, 2020.

Yuli Sudarso, Doddy Setyadi, M. Nahar, Rif’ah Dwi Astuti, Saptianing Saptianing, Rr. Ririn BU, Rustono Rustono, Erika Devie, "Pelatihan Kewirausahaan Bisnis Online Pada Pondok Pesantren Mahasiswa Muiz Pedalangan Semarang," in novasi dan Komersialisasi Riset Terapan Berbasis Kebutuhan Masyarakat dan Industri, Semarang, 2020.

Abdul Karim, Fadlina dan Garuda Ginting, "Pemanfaatan Digital Marketing Dengan Facebook Ads Bagi Pelaku UMKM Di Labuhanbatu," Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), vol. II, no. 19, pp. 12-16, 2022.

J. Helianthusonfri, Facebook Marketing, Jakarta: PT Elex Media, 2016.

Downloads

Published

16-12-2022

How to Cite

Maknunah, J., & Prasetyo, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Konten Pemasaran Untuk Menunjang Promosi UMKM Di Kabupaten Malang. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 5(2), 95–104. https://doi.org/10.51213/jmm.v5i2.110

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.