Pelatihan Software FAARFIELD Bagi Mahasiswa Teknik Sipil Di Kota Semarang

Agus Muldiyanto, Mudjiastuti Handajani, Adolf Situmorang, Purwanto Purwanto

Abstract


Perkembangan teknologi sangat membantu seorang sarjana teknik sipil dalam melakukan desain di bidang teknik sipil, banyak software yang dapat digunakan untuk mendesain tebal perkerasan runway. Software yang dapat digunakan dalam melakukan desain tebal perkerasan runway yaitu, FAARFIELD. Dalam pengabdian ini tim pengabdi melakukan pelatihan menghitung tebal perkerasan runway pada bandara dengan bantuan software FAARFIELD bagi mahasiswa teknik sipil atau bagi pelaku konstruksi agar dapat memahami lebih dalam tentang desain lapis perkerasan pada runway bandara. Dalam pelaksanaan pengabdian telah dilaksanakan di Semarang bagi mahasiswa Teknik Sipil dan Pelaku Konstruksi yang ingin mengembangkan keilmuannya dalam desain tebal perkerasan.

Dengan adanya pengabdian ini diharapkan mahasiswa teknik sipil yang nantinya sebagai pelaku dalam bidang konstruksi dapat merencanakan lapis perkerasan bandara dengan FAARFIELD. Hasilnya adanya peningkatan pemahaman tentang analisis perkerasan runway dari 0% yang paham menjadi 77 % paham


Keywords


FAARFIEL; Tebal Perkerasan; Runway.

Full Text:

PDF

References


(1) Ervina Ahyudanari. 2016. Analisis Perbandingan Metode Desain Perkerasan Bandara Antara Metode Grafis Dan Faarfield. ITS. Surabaya.

(2) FAA, 2009, Advisory Circular (AC) 150/5320/6E.

(3) Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP.93 tahun 2015 tentang Standar Teknis dan Operasi Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil-bagian 139 (Manual of Standard CASR-Part139) Volume I Bandar Udara (Aerodromes)

(4) Samuel Febrilian Hasto Putro. 2019. Modul Program FAARFIELD. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

(5) Undang-Undang Republik Indonesia No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v5i1.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.