Pemberdayaan UMKM Pengolahan Hasil Budidaya Tambak Lokal di Kelurahan Tapa’an Kota Pasuruan

Eva Mufidah, Vita Fibriyani, Ascosenda Ika Rizqi

Abstract


Pertumbuhan perekonomian di kota Pasuruan menjadi modal utama untuk peningkatan pembangunan serta untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga pemerintah kota dengan giat bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk menggalakkan program kerja kemandirian bagi masyarakat. Salah satu program kerja yang telah dijalankan yaitu program pendampingan bagi UMKM.
Salah satunya program pengabdian masyarakat Universitas Merdeka Pasuruan yaitu dengan memberikan pelatihan kepada UMKM Kelurahan Tapa’an kecamatan Bugul Kidul. Kelurahan Tapa’an ini merupakan daerah tambak yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Hasil tambak ini di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Hasil dari kegiatan pendampingan ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM di Kelurahan Tapa’an, Pasuruan.


Kata kunci : UMKM, Hasil Tambak, Perekonomian


Full Text:

PDF

References


Desrosier, N. W. 1988. Teknologi Pengawetan Pangan. Edisi III. Penerjemah Muchji Mulyohardjo. Jakarta: Universitas Indonesia

Forrest, G.J., Aberle, H.B. Hendrick, M.D. Judge dan R.A. Merkel. 1975. Principles of Meat Science. W.H. Freeman and Company, San Francisco

Kartasasmita,Ginanjar.1996.Pemberdayaan Ekonomi Nasional Yang Tangguh Dan Mandiri. Seminar Nasional Lembaga Pembinaan Pengusaha Kecil Menengah dan Koperasi.

Laily, R. 2010. Olahan Dari Kentang. Kanisius, Yogyakarta

Potter W. dan N. Norman. 1986. Food Science. The AVI Publishing Co, Inc. Westport, Connecticut

Sutrisno, Joko dan Sri Lestari.,2005.Kajian Usaha Mikro Indonesia / Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM Nomor 2 Tahun I-2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v3i1.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka