REBOISASI HUTAN MANGROVE WILAYAH PESISIR PENGABDIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TAMBAKAN KOTA PASURUAN

Eva Mufidah, Sri Hastari, Ratna Pudyaningsih

Abstract


Pengabdian masyarakat merupakan suatu kegiatan yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan reboisasi ini merupakan tindakan pengabdian masyarakat yang termasuk di dalam bakti sosial. Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan metode, antara lain: (1) Observasi; (2) Analisis Kebutuhan dan Permasalahan pada Objek; (3) Briefing; (4) Pelaksanaan Kegiatan; (5) Evaluasi Kegiatan.

Dari kegiatan diatas, diharapkan civitas akademika yaitu dosen dan mahasiswa sebagai pelaksana kegiatan reboisasi hutan mangrove di Keluraha Tambakan  mendapatkan banyak pelajaran tentang bagaimana cara menanam bibit mangrove dan melakukan penghijauan hutan dari hal kecil terlebih dahulu. Penanaman ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat penutupan lahan yang optimal sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, sehingga tercipta keharmonisan antara fungsi hutan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar hutan mangrove Kelurahan Tambakan.

Keywords: pengabdian masyarakat, bakti sosial, hutan mangrove


Full Text:

PDF

References


Risnandar, Cecep. (2018). Hutan Mangrove. Retrieved October 24, 2018, from https://jurnalbumi.com/knol.

Panji Pranadikusumah. (2017). Pengelolaan Hutan Bersama Multistakeholder Sebagai Pelaksanaan Corporate Social Responcibility (CSR). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Rosmaladewi, Okke, Lilis Irmawatiea, Ida Advianya, dan Erry Mustariani, (2016). Rehabilitasi & Konservasi Lingkungan Berbasis Masyarakat “Darling Menjadikan Kawasan Hutan Lestari Dan Siaga Bencana” . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Zainuri. (2016). Reboisasi Terpadu Tindakan Urgen Pemulihan Lahan Kritis Akibat Kebakaran Hutan. Pekan Baru: Prosiding Seminar Nasional “Pelestarian Lingkungan & Mitigasi Bencana




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v4i1.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.