Pelatihan Kegiatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Kandangsapi Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan

Eva Mufidah, Agnes Ratna Pudyaningsih, Sri Hastari, M Tahajjudi Ghifary

Abstract


Permasalahan yang sering dihadapi oleh pelaku UMKM khususnya di kelurahan Purutrejo adalah berkaitan dengan masalah kemampuan manajemen atau pengelolaan yang kurang profesional. Luaran dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pembuatan aplikasi teknologi tepat guna e-commerce berupa website sebagai media promosi sekaligus media pemasaran produk UMKM. Kegiatan pertama dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat, yaitu menjelaskan mengenai pemanfaatan sistem informasi manajemen kepada UMKM. Kedua, dilakukan pelatihan mengenai manajemen pemasaran. Ketiga, pembuatan e-commerce berbasis website. Keempat,  pelatihan pengaplikasian e-commerce kepada mitra. Kelima, pelatihan tenaga kerja. Kegiatan ini menghasilkan aplikasi e-commerce yang termasuk dalam kategori Business to Consumer karena memberikan inventaris berupa website kepada pelaku UMKM di Kelurahan Purutrejo untuk menjual produknya kepada customer secara online dengan media internet.

Kata Kunci : e-commerce, pemasaran, umkm


Full Text:

PDF

References


Abidin. 2010. Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM Sebagai Kekuatan Strategis Dalam Mempercepat Pembangunan Daerah. STIE Nobel Indonesia, Makasar.

Adnan, Husada Putra. 2016. Peran UMKM Dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi.

Destiningrum, Mara, dkk. 2017. Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Teknoinfo. Vol. 11. No.2.

Handayani, Sri, dkk. 2016. Sistem Informasi E-Commerce Untuk Jaringan Penjualan Sepeda Motor Bekas Kabupaten Kampar (Studi Kasus Adira Finance). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi. Vol. 2. No 2.

Irmawati, Dewi. 2011. Pemanfaatan ECommerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Edisi keVI. November 2011.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15e New jersey: Person Prentice Hall, Inc.

Maryama, Siti. 2013. Penerapan ECommerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity. Vol. 2. No. 1. Januari-Juni 2013.

Pradana, Mahir. 2015. Klasifikasi JenisJenis Bisnis E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Neo-bis. Vol. 9. No.2. Desember 2015.

Setiarso, dkk. 2012. Studi Sosial Ekonomi Usaha Budidaaya ternak Itik Di Desa Pesirugan Kecamatan Margadana Kota Tegal. Laporan Hasil Penelitian.

Shabur, Miftah Maulana, dkk. 2015. Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Sudi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 29 No. 1 Desember 2015.

Sugiyono, Prof. 2016. Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v3i2.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka