Edukasi pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila Membentuk Karakter Gotong Royong pada Siswa

Uswatun Hasanah, Ani Anjarwati, Ryzca Siti Q, Nurul Saila, Ani Sulianti, Misdiyanto Misdiyanto

Abstract


Pendidikan sangat penting diperoleh oleh masyarakat agar untuk membentuk warga negara yang berintelektual. Generasi muda yang cerdas diharapkan mempunyai karakter yang baik. Kurikulum di Indonesia mengalami beberapa perubahan dan kurikulum yang kita saat ini yaitu kurikulum merdeka. Edukasi pada anak sangatlah penting, dimana sebagai generasi muda bangsa Indonesia harus mengetahui nilai-nilai Pancasila, salah satu caranya yaitu dengan Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tujuan memberikan edukasi tersebut yaitu untuk membentuk karakter yang baik khususnya karakter gotong royong. Gotong royong merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan dilakukan dengan hati yang tulus dan ikhlas. Edukasi penguatan profil pelajar Pancasila dapat meningkatkan pengetahuan siswa khususnya karakter gotong royong dan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat meningkatkan nasionalisme peserta didik atau generasi muda bangsa Indonesia agar kelak tidak kehilangan jati diri bangsa.


Keywords


penguatan profil pelajar pancasila; gotong royong; strengthen the profile of Pancasila students; mutual cooperation

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., & Ubhiyati, N. (1991). Ilmu pendidikan.

Anshori, I. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72.

Derung, T. N. (2019). Gotong royong dan Indonesia. Sapa: Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 5–13.

Erliandari, A. M. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TINGKAT SIAGA DI SDN KETAWANGGEDE MALANG. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang: Malang.

Gumelar, A., Maftuh, B., Hakam, K. A., & Budimansyah, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Project Citizen untuk Penguatan Karakter Gotong Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 37–45.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.

Irfan, M. (2017). Metamorfosis gotong royong dalam pandangan konstruksi sosial. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–10.

Jufri, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, A., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan karakter gotong royong di sekolah dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(2), 76–87.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022a). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022b). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625.

Wijayanti, P. S., Prosa Pendidikan Matematika, U. P. Y., Herawati, T. R., & UPY, S. I. F. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA.

Yenni, R., Modestus, D., & Ayu, S. A. (2022). Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46–57.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v7i1.155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.