Peningkatan Pengetahuan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Siswa Madrasah Aliyah Nurul Huda Ngajum Malang

Linda Suvi Rahmawati, Jauharul Maknunah, Andri Prasetyo

Abstract


Siswa di MA Nurul Huda ini TIK sebagai hal yang penting karena ujian juga menggunakan perangkat komputer. Hal ini memerlukan pelatihan peningkatan pengetahun dalam pemanfaatan TIK sehingga siswa memiliki tambahan ilmu. Peran TIK dalam pendidikan dapat digunakan untuk media presentasi dan e-learning . Siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dituntut untuk belajar lebih dekat dengan penggunaan aplikasi teknologi informasi. Sesuai dengan kebutuhan siswa dalam melaksanakan aktivitas yang padat untuk dilaksanakan, untuk itu diperlukan adanya pengarahan dan pembinaan dalam memanfaatkan teknologi 2 informasi dan kegiatan ini dapat dilakukan melalui sosialisasi yaitu dengan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim dosen dan mahasiswa STMIK PPKIA Pradnya Paramita memiliki tujuan untuk menambah ilmu guna meningkatkan pengetahuan siswa dalam memahami TIK dan menambah ketrampilan dalam memanfaatkan komputer untuk menunjang kegiatan pendidikan terutama pada saat Melaksanakan Ujian yang harus menggunakan komputer.


Keywords


informasi; e-learning; TIK; information

Full Text:

PDF

References


Selamet Samsugi, Damayanti, Andi Nurkholis, Berlintina Permatasari, Ady Candra Nugroho, dan Aldy Bagus Prasetyo, "Internet Of Things Untuk Peningkatan Pengetahuan Teknologi Bagi Siswa," Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), vol. II, no. 2, pp. 173-177, September 2020.

E. Mukaromah, "Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa," Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, vol. IV, no. 1, pp. 175-182, Juni 2020.

R. Nuraini, "Pelatihan Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Wawasan Pada SMPN 7 Purwakarta," Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), vol. IV, no. 1, pp. 112-118, Maret 2023.

Adisel dan Ahmad Gawdy Prananosa, "Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pada Masa Pandemi Covid 19," ALIGNMENT:Journal of Administration and Educational Management, vol. III, no. 1, pp. 1-10, Juni 2020.

M. Mayeni, "Sosialisasi Teknologi Informasi: Pengabdian Masyarakat pada Siswa SMK Taruna Bhakti Depok," Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), vol. 1, no. 1, pp. 21-25, 2017.

R.A.Fadallah, Wawancara, Jakarta Timur: UNJ Press, 2020.

Hana Maurin dan Sani Insan Muhamadi, "Metode Ceramah Plus Diskusi Dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa," Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education,, vol. I, no. 2, pp. 65-76, 2018.

Ammarsyah, Yusran, dan Basrul , "Perancangan Modul Praktikum Komputer & Jaringan Dasar Berbasis Multimedia Interaktif Pada SMKN 1 Kota Jantho," Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. III, no. 2, pp. 115-121, 2019.

R. Febriana, Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Asrul, Abdul Hasan Saragih dan Mukhtar, Evaluasi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v6i2.142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.