Pendampingan Kurikulum Merdeka Belajar : Meningkatkan Peran Guru Dalam Menciptakan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 23 Surabaya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
T. Suprayitno and Maman Fathurrohman, Study of Pancasila Student Profile Development, Badan Penelit. dan Pengemb. dan perbukuan kementrian Pendidik. dan Kebud. republik Indones., p. 109, 2020.
F. F. Syafii, Merdeka belajar: sekolah penggerak, Pros. Semin. Nas. Pendidik. DASAR Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masy. 5.0, no. November, 2021.
E. Ikhtiarti, Rohman, M. Adha, and H. Yanzi, Membangun Generasi Muda Smart and Good Citizenship melalui Pembelajaran PPKn menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0, J. Univ. Lampung, vol. 1, pp. 412, 2019.
A. Kahfi, Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah, DIRASAH J. Pemikir. dan Pendidik. Dasar Islam, vol. 5 (2), 2022.
A. H. Hasanah, M. M. Adha, and A. Mentari, Peran Guru Penggerak Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah, Cive J. Penelit. Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 2, no. 10, 2022.
S. Patilima, Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan, Pros. Semin. Nas. Pendidik. Dasar, vol. 0, no. 0, 2022.
I. Magdalena, A. Fatakhatus Shodikoh, A. R. Pebrianti, A. W. Jannah, I. Susilawati, and U. M. Tangerang, Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi, Ed. J. Edukasi dan Sains, vol. 3, no. 2, pp. 312325, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.
S. M. Habibah and R. R. N. Setyowati, Moderasi Beragama dalam Upaya Internalisasi Nilai Toleransi Pada Generasi Z, J. Keindonesiaan, vol. 02, no. 01, pp. 126135, 2022.
I. Kurniawaty, A. Faiz, and P. Purwati, Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar, EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 4, no. 4, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3139.
M. R. Baharuddin, Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi), J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 195205, 2021, [Online]. Available: https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/591.
T. W. Ramdhan, MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM MULTIKULTURAL (Studi Kasus Perencanaan Kurikulum SMA Negeri 1 Kediri), Al-Insyiroh J. Stud. Keislam., vol. 5, no. 2, 2019, doi: https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v5i2.3516.
Kemendikbud Ristek, Panduan Pengembangan Profil Pelajar Pancasila, Kementeri. Pendidik. dan Kebud., 2021.
L. Agustina and Z. Bidaya, Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Proses Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Lingsar Lombok Barat, Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, pp. 5562, 2018.
M. N. Lubaba and I. Alfiansyah, ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR, Sains dan Teknol., vol. 9, no. 3, 2022.
M. Mery, M. Martono, S. Halidjah, and A. Hartoyo, Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, J. Basicedu, vol. 6, no. 5, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3617.
DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v6i2.139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.