Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah Nasional Terakreditasi Bagi Dosen Ekonomi Politeknik Bhakti Semesta Salatiga

Irsal Fauzi, Abdul Aziz, Jaya Ramadaey Bangsa, Ari Siswati, Setya Indah Isnawati

Abstract


Kegiatan riset ilmiah termasuk ke dalam pembangunan sumber daya manusia SDM, terutama bagi Dosen ekonomi saat ini, yang salah satu tugasnya diharapkan dap    at menghasilkan ouput berupa artikel maupun jurnal ilmiah sesuai dengan kompetensinya. Tujuan dari Pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu untuk memberikan pelatihan menulis jurnal ilmiah yang siap publish pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi, yang nantinya akan dapat bermanfaat pada peningkatan penilaian kinerja Dosen, yang berada di bawah naungan Politeknik Bhakti Semesta Kota Salatiga. Bentuk kegiatan ini adalah ceramah, diskusi dan pelatihan. Materi kegiatan ini meliputi, antara lain: 1). Pembekalan materi pembuatan artikel, dan karya tulis ilmiah, 2) Pelatihan sitasi menggunakan Mendeley, 3) publikasi hasil penelitian di jurnal nasional terakreditasi. Pelaksanaan pengabdian dilaksanakan pada 2-3 Februari 2023, yang diikuti sebanyak 15 peserta yang terdiri atas Dosen dan Tenaga Kependidikan. Kesimpulannya, proses pelatihan maupun bimbingan terhadap Dosen Ekonomi di lingkup Prodi S1 Bisnis Digital Politeknik Bhakti Semesta Salatiga dinilai telah berhasil, dengan terwujudnya peningkatan skill SDM dalam membuat jurnal ilmiah dan sudah terbit di jurnal nasional terakreditasi SINTA, serta skill-skill lainnya dalam menunjang kemampuan membuat jurnal ilmiah, serta peningkatan nilai tambah bagi para Dosen.

Keywords


Pelatihan; Menulis; Jurnal Ilmiah; Dosen Ekonomi; Politeknik Bhakti Semesta; Training; Write; Scientific Journal; Lecture in Economic; Polytehcnic Bhakti Semesta

Full Text:

PDF

References


A. Romadhona, “Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,” Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pengemb. Keprofesian Berkelanjutan, vol. 7, pp. 97–106, 2022.

K. Mohammad, “Pedoman Karya Tulis Ilmiah,” Inst. Agama Islam Negeri Madura, pp. 1–131, 2020.

S. Sapri, “Aplikasi Perhitungan Angka Kredit Point Pengajuan Kenaikan Pangkat Guru pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu,” J. Media Infotama, vol. 14, no. 2, 2018, doi: 10.37676/jmi.v14i2.656.

A. H. Suhardjono, Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Depdikbud: Diskdasmen., 1996.

Wibowo, Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo, 2007.

Djaman Satori, Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

K. Arta, D. Purnawati, I. wayan Yasa, R. Ahmad, and G. Purnawibawa, “Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Terindeks Sinta Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Smp Satap N 3 Sukasada,” Proceeding Senadimas Undiksha, pp. 1357–1366, 2021.

I. N. Yasa, “Peran Dan Upaya Pengembangan Literasi Informasi Perpustakaan Sekolah Pada Era Disrupsi1,” Acarya Pustaka, vol. 5, no. 2, p. 1, 2019, doi: 10.23887/ap.v5i2.17410.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v6i1.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.