Pengembangan Soal Evaluasi Berbasis Game dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall

Muhammad Sholeh, Amir Hamzah, Untung Joko Basuki, FX. Guntur Putra Susanto

Abstract


Penggunaan teknologi informasi dalam mendukung proses pembelajaran sudah menjadi salah satu  kebutuhan yang harus dipersiapkan para guru. Guru harus menyesuaikan perkembangan    teknologi informasi. Guru harus beradaptasi dan menyesuaikan dengan anak-anak yang lebih banyak menggunakan teknologi informasi dan lebih pintar dalam menggunakan smartphone.  Banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi infomasi. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembuatan soal online adalah dengan menggunakan aplikasi Wordwall. Tujuan dari kegiatan ini diantaranya memberikan alternatif kepada para guru dalam penggunaan aplikasi untuk membuat latihan soal online. Pemilihan aplikasi Wordwall dengan pertimbangan aplikasi tersebut mudah digunakan dan soal yang disajikan ke siswa dapat dipilih dalam bentuk permainan. Dengan mengemas dalam permainan diharapkan siswa merasa senang dalam mengerjakan soal. Metode dalam kegiatan dilakukan dengan memberikan pelatihan dan mempraktikkan secara langsung. Penggunaan metode praktik ini diharapkan para guru dapat langsung mengimplementasikan pembuatan soal. Hasil dari kegiatan ini,  para guru mampu mengembangkan soal online dan membentuk luaran soal dengan berbagai bentuk permainan dan mendistribusikan soal ke siswa

Keywords


guru; siswa; sekolah; wordwall

Full Text:

PDF

References


R. Afriansyah and M. S. Pratama, “Implementasi Sistem Ujian Berbasis Komputer Di Smp Negeri 1 Sungailiat,” KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 129–136, 2020, doi: 10.28989/kacanegara.v3i2.681.

A. Kurniawan, “Utilization of Information and Communication Technologies ( ICT ) for Learning in SMPN 5 Ponorogo, East Java,” Jurnal Teknodik, vol. 23, no. 1, pp. 55–64, 2019.

T. Wahyono, Sunardi, and M. B. N. Rahman, “PERANCANGAN PROGRAM SIMULASI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER TINGKAT SMP,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, vol. 2, no. 1, pp. 15–22, 2019, doi: 10.24853/jpmt.2.1.15-22.

I. Khaldun, L. Hanum, and S. D. Utami, “Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolisis Garam Dan Larutan Penyangga,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 7, no. 2, pp. 132–142, 2020, doi: 10.24815/jpsi.v7i2.14702.

A. Wakit, E. Zumrotun, and W. Sutriyani, “SOAL MATEMATIKA SMA DALAM UJIAN BERBASIS KOMPUTER Ujian berbasis komputer ( UBK )/ Computer Based Test ( CBT ) mulai populer di dunia Berbasis Komputer ( UNBK ). Sampai sekarang pelaksanaan ujian berbasis komputer sudah Pelaksanaan CBT semua jawaban dikli,” JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, vol. 8, no. 1, pp. 19–26, 2022.

L. D. Anggraini, Y. K. Dewi, D. J. Santoso, and J. Darwis, Modul Pembuatan Video Kreatif : Premiere Pro, Canva, & Powtoon. CV Jejak (Jejak Publisher), 2021.

I. P. Dewi, R. Sofya, and A. Huda, Membuat Media Pembelajaran Inovatif dengan Aplikasi Articulate Storyline 3. Padang: UNP PRESS, 2021.

A. E. Prasetya, Pengalaman Guru Inovatif Dalam Berkreasi. GUEPEDIA, 2021.

H. D. Nugroho, Panduan Praktis Membuat & Memublikasi Video Bahan Ajar. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2018.

H. Ahmad, A. Latif, and A. Al Yakin, Media quizizz sebagai aplikasi assessment pembelajaran. Yogyakarta: Nas Media Indonesia, 2021.

Slamet Triyono, Dinamika Penyusunan E-Modul. Penerbit Adab, 2021.

D. E. Mascita, Mendesain Bahan Ajar Cetak Dan Digita. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

A. I. Susanti, Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.

S. I. Sa’adah, R. Rasmiwetti, and R. Linda, “Pengembangan Soal Hots Dengan Wondershare Quiz Creator Sebagai Media Display Pada Materi Stoikiometri Kelas X,” JTK (Jurnal Tadris Kimiya), vol. 4, no. 2, pp. 177–188, 2019, doi: 10.15575/jtk.v4i2.5469.

A. Setiawan, J. Shodiq, P. R. Widianto, T. N. Firmansyah, and I. G. S. Mas Diyasa, “Implementasi Wondershare Quiz Creator Dalam Pembelajaran Online Berbasis E-Learning Di Prodi Mtu Poltekbang Surabaya,” SCAN - Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 16, no. 1, 2021, doi: 10.33005/scan.v16i1.2483.

N. Wafiqni and F. M. Putri, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring ( Online ) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1,” Elementar (Elementary of Tarbiyah), vol. 1, no. 1, pp. 68–83, 2021.

D. Oktariyanti, A. Frima, and R. Febriandi, “Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 4093–4100, 2021.

A. I. Nadia, K. D. A. Afiani, I. Naila, and U. Muhammadiyah, “Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19,” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, vol. 12, no. 1, pp. 33–43, 2022.

S. D. Putra, D. Aryani, and H. D. Ariessanti, “Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring,” Terang, vol. 4, no. 1, pp. 83–90, 2021, doi: 10.33322/terang.v4i1.1453.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v5i2.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka