PELATIHAN SOFTWARE PLAXIS BAGI MAHASISWA TEKNIK SIPIL

Adolf Situmorang, Agus Muldyanto, Purwanto Purwanto

Abstract


Teknik Sipil adalah suatu cabang ilmu keteknikan yang mempelajari konstruksi secara luas, baik dari segi perencanaan, pembangunan, maupun halhal yang terkait lainnya, sehingga seseorang sarjana teknik sipil atau yang sudah menyelesaikan pendidikan teknik sipil, harus sudah memahamai perencanaan di bidang teknik sipil.

Perkembangan teknologi sangat membantu seorang sarjana teknik sipil dalam melakukan desain di bidang teknik sipil, banyak software yang dapat digunakan untuk mendesain seperti struktur gedung, Jembatan, tanah atau geoteknik dan bidang lainnya. Software yang dapat digunakan dalam melakukan desain2 bidang geoteknik, diantaranya adalah Plaxis, Geoslope dan software lainnya, sesuai dengan bidang analisis yang akan dilakukan.

Dalam pengabdian ini tim pengabdi melakukan pelatihan Metode Elemen Hingga (MEH) dengan bantuan software Plaxis bagi mahasiswa teknik sipil atau bagi pelaku konstruksi agar dapat memahami lebih dalam tentang desain terutama bidang geoteknik untuk dapat memperkirakan konsolidasi tanah dan mengetahui perilaku tanah lainnya, sehingga kelak akan dapat mengatasi persoalan yang timbul ketika berhadapan dengan tanah daya dukung rendah.

Dalam pelaksanaan pengabdian akan dilakukan di Semarang bagi mahasiswa Teknik Sipil dan Pelaku Konstruksi yang ingin mengembangkan keilmuannya dalam desain geoteknik.

Dengan adanya pengabdian ini diharapkan mahasiswa teknik sipil dan pelaku konstruksi dapat melakukan desain geoteknik dengan Plaxis.

 

Kata Kunci: Plaxis, Konsolidasi dan Metode Elemen Hingga

Full Text:

PDF

References


Mohammad Mahdi Jalali, S. H. G., Mohammad Reza Jalali, Alistair Borthwick, Mir Khalegh Ziatabar Ahmadi and Reza Moradi. (2012). Using Finite Element method for Pile-Soil Interface (through PLAXIS and ANSYS). Journal of Civil Engineering and Construction Technology, 3(10), 256-272. doi: 10.5897/jcect12.024

Plaxis 2D (2012). Tutorial Manual 2012. Plaxis BV, Netherland.

Wihardia Munirwansyahb, Sofyan M. Salehc, (2018). Analisis Stabilitas Lereng Menggunakan Software Plaxis 8.6 Dengan Dinding Penahan Tanah (Retaining Wall) (Studi Kasus Ruas Jalan Nasional Banda Aceh-Medan Sta 83+135 Gunung Seulawah), Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan 1(3):76-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v4i2.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka