INSTALASI SISTEM TANDON AIR OTOMATIS UNTUK KEBUTUHAN PASOKAN AIR BERSIH RUANG ISOLASI DAN PERAWATAN PASIEN COVID-19 DI RSUD RA. BASOENI MOJOKERTO

Samsul Huda, Elvianto Dwi Hartono

Abstract


RSUD RA. Basoeni Mojokerto sebagai tempat rujukan penanganan pasien positif covid-19 bergejala maupun tidak, menjadi cluster lokasi rawan akan penyebaran virus. Pasokan air bersih menjadi hal yang sangat penting dalam perawatan pasien. Selama ini, operator atau teknisi rumah sakit melakukan pengecekan tandon air secara konvensional dengan naik tangga mendatangi langsung untuk menyalakan dan mematikan pompa setiap hari, tak terkecuali pada lokasi perawatan ataupun isolasi pasien covid-19. Kebutuhan air bersih untuk seluruh pasien covid harus tetap tercukupi dengan kualitas dan kuantitas yang harus dipertahankan setiap saat. Hal ini menjadikan teknisi beresiko tertular virus. Untuk menangani permasalahan ini, kami mengusulkan adanya sistem tandon otomatis dengan dukungan fungsi kontrol dan monitoring tandon air berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini dapat digunakan untuk memantau perubahan volume pasokan air menggunakan perangkat smartphone. Operator dapat mengetahui dan memonitoring kondisi air dengan mengakses melelui smartphone. Dengan otomatisasi ini, dapat membantu operator mengurangi resiko kontak langsung dengan area rawan virus dan mengurangi resiko terlular dalam pekerjaannya


Full Text:

PDF

References


S. Mastuti, T. N. Aji, Nasution, dan C. Liana, "Covid-19 Disaster Mitigation Policy in Surabaya in Pressing Positive Increasing Numbers," Advances in Social Science: Education and Humanities Research, vol. 473, 2020, pp.365-370.

R. Sebayang, “Alert! WHO Resmi Tetapkan Corona Pandemi,” 2020.

Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, "Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit: Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru," 2020.

Tim Mitigasi Dokter Dalam Pandemi Covid-19 Pb IDI, “Pedoman standar perlindungan dokter di era covid-19,” Agustus 2020

Tim kerja kementerian dalam negeri untuk dukungan gugus tugas covid-19, “Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah - Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis Dan Manajemen,” 2020.

R. aprika, "Analisa Kebutuhan Air Bersih Di Rumah Sakit Umum Daerah Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan," Tugas akhir fakultas teknik jurusan sipil, universitas muhammadiyah palembang 2019

Asian Development Bank, “Covid-19 And Water In Asia And The Pacific Guidance Note,” Juli 2021.

A. S. Suryani, "Pembangunan Air Bersih dan Sanitasi saat Pandemi Covid-19," Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, Vol. 11, No. 2, Desember 2020, pp.199-214.

Pedoman Sementara WHO dan UNICEF, "Air, Sanitasi, Higiene, dan Pengelolaan Limbah yang Tepat Dalam Penanganan Wabah COVID-19" 19 Maret 2020, pp. 1-10.

Kemeterian perencanaan pembangunan nasional/badan perencanaan pembangunan nasional(bappenas), "Studi pembelajaran penanganan covid-19 indonesia," februari 2021.

Y. A. Suryaningtyas, “Rancangan Bangun Water Level Control Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 8535,” Tugas akhir Universitas Diponegoro. 2013.

O. Widiastuti, “Perancangan dan Implementasi Sistem Pengisian Air Berbasis Programmable Logic Control (PLC) Omron CPM2A,” Tugas akhir Universitas Diponegoro. 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v4i2.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka