SOSIALISASI PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DI SEKOLAH DASAR NEGERI 020 BALIKPAPAN UTARA

Aswadul Fitri Saiful Rahman, Wiwiek Sriwahyuni, Arif Rahman Hakim, Fakhri Azhar, Mega Octavia Cahyani, Heldy Prayogi Elyunandri, Teguh Prayitno, Abdul Latif

Abstract


Kehidupan sosial manusia tidak terlepas dari interaksi satu sama lain. Perkembangan interaksi sosial akan meningkat seiring bertambahnya usia. Peningkatan perilaku pada anak sangat bergantung pada keluarga. Keluarga mempunyai peranan penting dalam mengajarkan cara berperilaku yang baik dan benar kepada putra putrinya, tetapi jika lingkungan keluarga tidak ikut terlibat dalam perkembangan sosial individu, akan berdampak sesuatu yang kurang baik, salah satunya bullying. Bullying ini dilakukan seseorang atau kelompok tertentu untuk menyakiti seseorang melalui fisik atau psikologis dan membuat korban trauma dan tertekan. Dalam kegiatan ini kami berusaha untuk berpartisipai dalam mencegah tindakan bullying pada siswa-siswi Sekolah Dasar 020 Balikpapan Utara. Lingkungan Sekolah Dasar merupakan lingkungan yang rentan terhadap bullying. Dalam kegiatan ini kami juga melakukan permainan yang memberikan pembelajaran bagaimana bekerja sama, toleransi dan menghargai terhadap sesamanya

Full Text:

PDF

References


Ela Zain Zakiyah, Sahadi Humaedi, Meilanny Budiarti Santoso, Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying, FISIP Universitas Padjadjaran, ISSN: 2442-448X, Vol 4, No.2, Juli 2017.

Yuli Permata Sari, Welhendri Azwar, Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Padang, November 2017.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2016). Rincian Data Kasus Berdasarkan Klaster Perlindungan Anak, 2011-2016 [Tabel Ilustrasi KPAI Juli 17, 2016]. Retrieved from http://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-per-tahun/rincian-data-kasus-berdasarkan-klaster-perlindungan-anak-2011-2016.

Rosen, L. H., DeOrnellas, K., & Scott, S. R. (2017). Bullying in School: Perspectives from School Staff, Students, and Parents. Texas: Springer.

Schott, R. M., & Søndergaard, D. M. (Eds.). (2014). School bullying: New theories in context. Cambridge University Press.

Lereya, S. T., Samara, M., & Wolke, D. (2013). Parenting behavior and the risk of becoming a victim and a bully/victim: A meta-analysis study. Child abuse & neglect, 37(12), 1091-1108. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2013.03.001.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v3i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka