UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN E-LEARNING TERPADU UNTUK GURU SMK NAHDLATUN NASYIIN KADUR PAMEKASAN

Busro Akramul Umam

Abstract


Pembelajaran tatap muka selama musim pandemi covid-19 berganti dengan menggunakan metode pertemuan dalam jaringan (daring). Hal ini mendorong para guru pengajar di SMK Nahdlatun Nasyiin melakukan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan pengetahuan melalui pembelajaran e-learning terpadu sebagai upaya mengatasi keterbatasan pertemuan tatap muka selama masa pandemi ini. Program pengabdian ini memiliki tujuan untuk membantu mitra lebih menerapkan fungsi teknologi dan informasi di dalam pembelajaran, agar lebih memudahkan penyampaian materi mata pelajaran secara menarik. Sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia guru yang berdampak pada peningkatan mutu pendidikan sekolah di SMK Nahdlatun Nasyiin. Dengan adanya guru yang berkualitas menjadikan pengetahuan siswa juga menjadi lebih berkualitas.

Kata Kunci: e-learning; pandemi; terpadu.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Ali, “Studi Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Guru dan Siswa SMK di Yogyakarta†Jurnal Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 6, Nomor 1, Februari 2015 3. Holmes, Bryn John Gardner, E-learning Concept and Practice, Sage Publication, London, 2006.

Numiek Sulistyo Hanum, “Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK TELKOM Sandhy Putra Purwokerto)†Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Februari 2013

Karwati, Euis. 2014, Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 17 No. 1, Juli 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v3i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka