Sosialisasi Finishing Mebel Dengan Bahan Ramah Lingkungan Di Kelurahan Bukir Kota Pasuruan

Hari Wahyuni, Eni Erwantiningsih

Abstract


Finishing ini kiranya dapat memberikan terobosan baru untuk mebel di kelurahan Bukir Kota Pasuruan. Terutama bagi para pengrajin yang menggunakan bahan – bahan yang masih belum ramah lingkungan sehingga dengan dilakukanya pelatihan dan sosialisasi finishing mengunakan bahan ramah lingkungan ini kedepanya para pengrajin di kelurahan Bukir Kota Pasuruan akan melakukan finishing untuk mebel mereka dengan bahan yang ramah lingkungan.
Finishing dengan menggunakan bahan ramah lingkungan memberikan manfaat yang baik bagi pengrajin maupun hasil kerajinanya. Manfaat yang didapat untuk pengrajin kondisi kesehatan mereka akan lebih baik karena terhindar dari bahan – bahan yang mengadung bahan kimia tinggi sedang untuk hasil kerajinan mebelnya lebih aman dan ramah lingkungan karena menggunakan pelarut air bukan thinner atau spiritus yang membahayakan kesehatan dan mencemari lingkungan, Ongkos produksi lebih rendah, karena hanya menggunakan pelarut atau pengencer berupa air, Lebih tahan lama. Lapisan coating water based memiliki film flexibility sangat baik. Cat tidak mudah retak ketika terpapar suhu panas maupun dingin.
Berdasarkan sosialisasi tim pengabdian harapanya para pengrajin dapat melakukan finising dengan baik dan menggunakan bahan ramah lingkungan selain itu lebih terjaga kesehatanya karena bahan yang digunakan untuk finising merupakan bahan yang tidak membahayakan kesehatan mereka serta lebih memperhatikan safety saat menjalankan aktifitas kerjanya.
Kata kunci : Finishing, Mebel, Ramah Lingkungan.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, Arini. 2018. Pola Ruang Pemukiman Industri Mebel Berdasarkan Aktivitas Industri (Studi Kasus : Industri Mebel Bukir Pasuruan). JMA.

Setyarini,Budiwati. 2019. Finishing Ramah Lingkungan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pasuruan. Ubaidilah, Aris. 2019. Penjualan Mebel Di Kota Pasuruan Kian Merosot. Kabarwarta.Id. http://www.wisnofurniturefinishing.com(diakses 2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v3i1.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka