Pemanfaatan Teknologi Dalam Upaya Mengantisipasi Musculoskeletal Disorders (MSDS) Petani Di Kube Usaho Basamo

Dessi Mufti, Duskiardi Duskiardi, Mirza Zoni

Abstract


Pertanian di Indonesia umumnya masih dilakukan secara sangat sederhana dengan mengandalkan tenaga manusia dan hewan. Jorong Koto Gadang merupakan daerah yang berpotensi untuk bercocok tanam holtikultura seperti tomat, cabe, kol, dan sayur-sayuran lainnya. Lahan yang tersedia lebih kurang seluas 20 ha, tetapi tergarap semua oleh masyarakat. ini disebabkan petani masih menggunakan peralatan manual (cangkul) untuk mengolah lahan yang ada. Selain itu pekerjaan mencangkul yang relatif lama akan dapat menyebabkan resiko cedera pada beberapa bagian anggota tubuh (Musculoskeletal Disorders/MSDs). Dirasakan sangat perlu memanfaatkan teknologi yang telah untuk memudahkan pekerjaan petani dan mengurangi resiko cedera tersebut. Berdasarkan asesmen awal dengan REBA diperoleh skor awal 10 artinya resiko levelnya sangat tinggi dan tindakan perbaikan perlu saat ini juga. Teknologi yang dapat digunakan adalah menggunakan cultivator. Pemilihan cultivator ini diperoleh dari diskusi dengan anggota Kube dengan melihat kondisi lahan dan fungsinya. Selanjutnya dilakukan asesmen kembali dengan REBA dan memperlihatkan hasil lebih baik dengan skor 7 yang artinya masih perlu perbaikan. Perbaikan dapat dilakukan dengan memodifikasi alat dan jenis material alat tersebut.  Kata Kunci: Ergonomi, Holtikultura, KUBE, Musculoskeletal disorders

Full Text:

PDF

References


Sucipta, I Nyoman., Agro Ergonomi: Dasar-Dasar Ergonomi Di Bidang Pertanian, 2009, Udayana University Press.

Purwanto, Wahyu., Perancangan Cangkul Ergonomis Untuk Meningkatkan Kapasitas Kerja Petani Dalam Mengolah Tanah Sawah, 1992, Agritech: Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian Ugm.

Rambe, Robi Salim, Achwil Putra Munir, Saipul Bahri Daulay., 2017, Analisis Ergonomi Terhadap Ruang Kendali Pada Traktor Roda Empat Kinta Sb55, J.Rekayasa Pangan Dan Pert., Vol.5 No. 2 Th. 2017.

Ushada, Mirwan., 2019, Kajian Potensi Ergonomi Digital Untuk Mendukung Sistem Kerja Agroindustri Pangan, Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia, Universitas Syiah Kuala.

Mufti, Dessi., Aidil Ikhsan, Tri Marta Putri., 2019, Workplace Ergonomic Risk Assessment Toward Small-Scale Household Business, Iop Conference Series: Materials Science And Engineering.

Tarwaka. Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi Dan Aplikasi Di Tempat Kerja. Surakarta : Harapan Press; 2013. 137 P

Chafï¬n,R.,Lemieux,A.,&Chen,C.(2006). Spontaneity And Creativity In Highly Practiced Performance. In I. Deliège & G.A. Wiggins. Musical Creativity: Multidisciplinary Research In Theory And Practice (Pp. 200-218). London: Psychology Press.

Nurmianto, Eko. 1996. Ergonomi: Konsep Dasar Dan Aplikasinya, Surabaya, Guna Widya.

Osha Training Institute. (2006). Safety And Health Programs (Online) Https://Www.Osha.Gov/Dte/Grant_Mater ials/Fy08/Sh-17815 08/03_Pg_Module_3.Pdf (20 Oktober 2016).

Wignjosoebroto, Sritomo, 2008. Ergonomi, Studi Gerak Dan Waktu. Penerbit Guna Widya.

Jovianto, 2005, Kajian Ergonomi Dalam Perancangan Alat Bantu Proses Penyetelan Dan Pengelasan Produk Tangki Travo




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v2i2.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka