Pendampingan UMKM Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Menyongsong Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Perancangan Strategi Branding

Authors

  • Adhi Pradiptya Universitas Semarang
  • Yohanes Suhardjo Universitas Semarang
  • Fredericho Mego Sundoro Universitas Semarang
  • Susanto Susanto Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.51213/jmm.v5i2.112

Keywords:

Inovasi Branding, Jangkauan Produk, Penjualan Produk

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Wilayah Kelurahan Peterongan Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang, masih lemah dan sempitnya pelaku UMKM dalam Pembuatan Branding dan Pemasaran. Masih banyak para pelaku UMKM tidak memahami Cara Pengemasan, Inovasi Branding dan  jangkauan pemasaran secara luas. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk membantu mendapatkan kepercayaan konsumen dan meningkatkan penjualan bagi UMKM di Kelurahan Peterongan yang terdampak pandemi COVID 19. Dengan adanya kondisi pandemi ini maka UMKM di tuntut untuk bertahan agar terhindar dari kebangkrutan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan memberikan pelatihan secara langsung dengan tutorial dilapangan dengan mengajarkan cara menerapkan bagaimana Caranya Pengemasan dan Melakukan Inovasi Branding. Hasil yang diharapkan yaitu produk UMKM di Kelurahan Peterongan semakin mendapatkan kepercayaan konsumen dan jangkauan pasar yang lebih luas tentunya dengan produk yang dikenali dan mudah di akses oleh konsumen.

Author Biographies

Adhi Pradiptya, Universitas Semarang

Universitas Semarang

Yohanes Suhardjo, Universitas Semarang

Universitas Semarang

Fredericho Mego Sundoro, Universitas Semarang

Universitas Semarang

Susanto Susanto, Universitas Semarang

Universitas Semarang

References

K. Firmansyah, K. Fadhli, I. A. Noviandy, and S. Rini, “Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food,” Jumat Ekon. J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 43–48, 2020.

M. Faizah, F. Syarifah, and ..., “Pengembangan Keterampilan dan Kreatifitas Limbah Plastik menjadi Kerajinan Bernilai Guna dan Ekonomis,” Jumat Ekon. J. …, vol. 1, no. 1, pp. 5–7, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1001.

C. Högström, A. Gustafsson, and B. Tronvoll, “Strategic brand management: Archetypes for managing brands through paradoxes,” J. Bus. Res., vol. 68, no. 2, pp. 391–404, 2015, doi: 10.1016/j.jbusres.2014.06.009.

M. Rahman, M. Á. Rodríguez-Serrano, and M. Lambkin, “Brand management efficiency and firm value: An integrated resource based and signalling theory perspective,” Ind. Mark. Manag., vol. 72, no. March, pp. 112–126, 2018, doi: 10.1016/j.indmarman.2018.04.007.

T. Heding, C. F. Knudtzen, and M. Bjerre, Brand management: Research, theory and practice. 2008.

M. A. Sadat, Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyaninan. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Downloads

Published

08-12-2022

How to Cite

Pradiptya, A., Suhardjo, Y., Sundoro, F. M., & Susanto, S. (2022). Pendampingan UMKM Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Menyongsong Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Perancangan Strategi Branding. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 5(2), 78–86. https://doi.org/10.51213/jmm.v5i2.112

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.