Pendampingan UMKM Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Melalui Pemasaran Digital

Adhi Widyakto, Edy Suryawardana, Andy Kridasusila, Tri Rinawati

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak sangat signifikan pada hampir seluruh lapisan perekonomian nasional. Hal tersebut terjadi juga pada pelaku UMKM di Kelurahan Peterongan, yang masih  memasarkan produknya menggunakan pemasaran tradisional dan masih sedikit yang menggunakan digital marketing.  Oleh karena itu, tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk membantu meningkatkan penjualan bagi UMKM di Kelurahan Peterongan yang terdampak pandemi COVID 19. Kegiatan ini telah dilakukan pada Bulan Oktober 2022, yang telah dihadiri sebanyak 15 peserta. Sasaran kegiatan ini adalah pelaku UMKM di Kelurahan Peterongan. Dengan adanya kondisi pandemi ini maka UMKM di tuntut untuk bertahan agar terhindar dari kebangkrutan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan memberikan pelatihan secara langsung dengan tutorial dilapangan dengan mengajarkan cara menerapkan digital marketing atau pemasaran online. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu pasar produk UMKM di Kelurahan Peterongan mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas tentunya dengan produk yang dikenali dan mudah di akses oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan memberikan pelatihan secara langsung dengan tutorial dilapangan dengan mengajarkan cara menerapkan bagaimana Caranya Memasarkan Produk UMKM Secara digital Market. Hasil yang diharapkan yaitu produk UMKM di Kelurahan Peterongan semakin mendapatkan kepercayaan konsumen dan jangkauan pasar yang lebih luas tentunya dengan produk yang dikenali dan mudah di akses oleh konsumen.

Keywords


digital marketing; jangkauan produk; penjulan meningkat

Full Text:

PDF

References


M. Kuncoro, “Usaha Kecil di Indonesia: Profil, Masalah dan Strategi Pemberdayaan,” Sumber, vol. 7, pp. 6–8, 2000, [Online]. Available: https://sintak.unika.ac.id/staff/blog/uploaded/5811998215/files/struktur_ekonomi_-umkm.pdf.

A. Nugroho, “DPRD DIY Usulkan Ekonomi Kreatif, Koperasi dan UKM Dilindungi Perda,” Tribunjogja.com, 2017.

I. M. Ridwan, A. Fauzi, I. Aisyah, Susilawati, and I. Sofyan, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan ‘WAGE’ Bandung,” J. Abdimas BSI, vol. 2, no. 1, pp. 137–142, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas.

F. Rachmawati, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya,” Surabaya, 2018. [Online]. Available: https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf.

E. Turban, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, and D. C. Turban, Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective Eighth Edition, Revised Edition. 2015.

K. Kotler, P. dan Keller, Marketing ManagementI, 15th Edition. Upper Saddle River, N.J: Pearson Education, Inc., 2016.

Hootsuite, “We are Social, Source: Globalwebindex (Q2 & Q3 2018), Figures Represent The Findings of a Broad Survey of Internet Users Aged 16-64,” 2019.

S. Barnes, Like, Follow, Share: Social Media Marketing to Maximize Your Online Potential. California, USA: Tycho Press, 2015.

J. Jantsch, Total Online Presence: The Seven Essential Stages. Dalam M. Meyerson, Success Secrets of the Online Marketing Superstars. Entrepreneur Press, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v5i2.111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka