Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru TK di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal

Aini Indriasih, Yuli Haryati, Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah, Ismartoyo Ismartoyo, Mohamad Hariyono

Abstract


Abstract

Seeing the reality that is happening in the community, it is still found that the implementation of children's education is not in accordance with the characteristics of child development. This is due to the limited understanding of managers and teachers about child development. Armed with an awareness of the importance of early childhood education, lecturers at UPBJJ UT Semarang conducted a Training on Developing Learning Media for Kindergarten/PAUD Teachers in Limbangan District, Kendal Regency to meet the needs of early childhood education services in PAUD institutions that are in accordance with the characteristics and characteristics of early childhood education. child development while increasing teacher competence. Stages of activity: 1) site survey/permit, 2) theoretical training 3) practical training and 4) monitoring and evaluation. The results of monitoring by giving questionnaires to participants obtained the following results: feeling happy with this PkM activity, interesting material, easy to do, and easy to get material, useful for student teachers


Abstrak 

Melihat realita yang terjadi di masyarakat, masih ditemukan penyelenggaraan pendidikan anak yang belum sesuai dengan karakteristik perkembangan anak.   Hal ini dikarenakan pemahaman yang terbatas dari pengelola maupun pengajar tentang perkembangan anak. Berbekal dengan kesadaran akan arti pentingnya pendidikan anak usia dini,  maka dosen di UPBJJ UT Semarang melakukan Pelatihan Mengembangkan Media Pembelajaran Bagi Guru TK/PAUD se Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal   guna memenuhi kebutuhan layanan pendidikan anak usia dini di lembaga-lembaga PAUD yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan anak sekaligus meningkatkan kompetensi guru.  Tahapan kegiatan: 1) survei lokasi/perijinan, 2) Pelatihan secara teori 3) pelatihan secara praktek dan 4) monitoring dan evaluasi.   Hasil monitoring  dengan memberikan kuesioner pada peserta diperoleh hasil sebagai berikut: merasa senang dengan kegiatan PkM ini,  materi menarik, mudah dilakukan, dan bahan mudah di dapatkan, bermanfaat bagi guru siswa.

Kata Kunci: pelatihan pembuatan media, Alat Peraga Edukatif, TK/PAUD


Keywords


media creation training, educational aids, TK/PAUD

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asep Herry Hernawan dan Novi Resmini, Pembelajaran Terpadu, Diretorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Jakarta, 2012.

Mayke S., Tedjakusuma, 2001. Bermain, Mainan dan Permainan, Grasindo, Jakarta.

Montololu B. E. F. dkk.2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Morrison, George. S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Munandar, Utami, 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurani Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Permendikbud Nomor 137 tahun 2014. Tentang Standar PAUD. Jakarta.

Munadi. Yudhi 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Perss.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v5i1.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.