PENINGKATAN KREATIFITAS DAN INOVASI PADA GURU TK DAN PAUD DI DESA NGADIREJO MALANG DENGAN METODE PROBLEM BASE SOLVING

Dodit Suprianto, Rini Agustina

Abstract


Desa Ngadirejo memiliki potensi alam dan sumberdaya manusia yang bagus dan alami, potensi tersebut menjadi kekayaan desa yang harus dikelola secara baik, agar kedepannya menjadi unggulan desa. pendidikan merupakan salah satu prioritas pengembangan desa, karena pendidikan menjadi tonggak keberlangsungan masa depan desa. siswa yang berprestasi menjadi harapan bagi desa. oleh karena itu guru sebagai pendidik harus juga memiliki kemampuan yang cukup dan kreatif dalam mengembangkan pembejarannya agar menghasilkan inovasi baru dan membuat siswa nyaman dalam belajar. dengan metode problem solving dan praktik secara langsung pelatihan ini berhasil mendapatka respon yan gpositif dari guru, siswa dan orang tua siswa. 90% guru dan orang tua memberikan respon positif dair kegitan ini dan meningkatkan knowledge mereka.


Full Text:

PDF

References


Agustina, R. (2017). Pelatihan Desain Grafis Untuk Perangkat Desa Dalam Rangka Peningkatan Sdm Di Desa Ngawonggo Kecamatan Tajinan Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1289

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDARITAS, 4, 69–76.

Agustina, R., & Suprianto, D. (2018). Pelatihan Desain Grafis Dan Fotonovela Untuk Warga Graphic and Photonovela Design Training for Citizens. Kumawula, Vol. 1, No.3, Desember 2018, Hal 219– 226, 1(3), 219–226.

Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2019). Pelatihan Internet Dan Program Microsoft Office Untuk Membantu Administrasi Di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 129. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i2.23473

Asmawiyah, A., D, L. A., & Artiyani, M. (2020). Peran Kepemimpinan Sebagai Mediasi Hubungan Pelatihan Terhadap Kinerja. SEIKO : Journal of Management & Business, 3(3), 31–43.

Hiryanto, H., Wibawa, L., & Rohadi, A. S. (2016). Pengembangan Model Pelatihan Kepemimpinan Bagi Organisasi Kepemudaan Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8275

Nisa, T. F., & Fajar, Y. W. (2016). Strategi pengembangan kreativitas pendidikan anak usia dini dalam pembelajaran. Pg-Paud, 3(2), 118–127. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3497

Shalihat, I. S., LN, S. Y., & AS, U. S. (2021). Creative Character Training (CCT): Dampaknya terhadap Karakter Kreatif Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 565–578. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1352

Sudradjat, E., Saleh, C., & Soeprapto, H. (2010). Pendidikan dan Pelatiahan Kepemimpinan Sebagai Strategi Pengembangan Sumberdaya Aparatur Untuk Meningkatkan Kinerja (Suatu Kajian di Pemerintahan Daerah Kabupaten Ketapang). Jurnal Wacana, 13(1), 166–184.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v4i2.95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka