Peningkatan Keterampilan Pengemasan Produk dan Pemasaraan Daring Bagi Kelompok Usaha Bersama Desa Notog Patikraja Banyumas

Trihastuti Yuniati, Wahyu Adi Prabowo, Aulia Shilichah Iman Nur, Chotimah Chotimah

Abstract


Kelompok Usaha Bersama (KUBe) adalah suatu kelompok usaha yang dirintis oleh ibu-ibu rumah tangga anggota kelompok Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Notog, Patikraja, Banyumas. KUBe ini memproduksi serta menjual berbagai macam olahan makanan, misalnya keripik manggleng, keripik kulit lumpia, onde-onde, dan sebagainya. Sayangnya, produk-produk yang dihasilkan tersebut belum dikemas secara baik dan menarik, hanya dengan bungkus berupa plastik putih polos tanpa adanya merk atau stiker tertentu. Cara pemasarannya pun masih manual dengan cara dijajakan ke rumah-rumah atau dititipkan ke warung-warung sekitar. Dikarenakan pengemasan yang masih sederhana serta cara penjualan yang masih manual tersebut mengakibatkan tingkat penjualan produknya masih rendah. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya jual produk-produk tersebut maka dilakukanlah kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta pelatihan dalam pengemasan produk yang menarik dan pemanfaatan media sosial untuk pemasaran produk. Hasil dari pengabdian masyakat ini, peserta pelatihan memahami pentingnya pengemasan produk yang menarik dan menerapkannya. Selain itu peserta juga memahami dan mempraktekkan pemasaran produk secara daring menggunakan media sosial facebook, whatsapp, instagram dan marketplace.

Keywords


pemasaran daring; pengabdian; pengemasan produk

Full Text:

PDF

References


G. d. F. M. Anisah, "Pelatihan Usaha Produksi Jamu Tradisional di Bidang Pengemasan, Labelisasi, dan Digital Marketing. Al-Umron," Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp. 10-18, 2020.

O. Arifudin, "PKM Pembuatan Kemasan dan Perluasan Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas Khas Kabupaten Subang Jawa Barat. Aptekmas," Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 20-28, 2020.

A. S. dkk, "Pengembangan Kewirausahaan bagi UP2K-PKK Kelurahan Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta untuk Mendukung Pemasaran Produk Menggunakan Instagram. Kacanegara," Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 81-87, 2019.

E. N. dkk, "Implementasi Digital Marketing dan Inovasi Kemasan Kue Bengen Produk Kuliner Khas Jambi," Jurnal Inovasi, Teknologi, dan Dharma bagi Masyarakat (JITDM), vol. 1, no. 1, pp. 37-42, 2019.

G. F. Handayani, "Pelatihan dan Pendampingan dalam Pengabdian dan Pendampingan Pemasaran Produk Hasil Homemade dengan Media Sosial di Desa Deketagung Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan," Jurnal Karya Abdi, vol. 4, no. 2, pp. 299-304, 2019.

Kementerian Sosial RI. 2012. Pedoman Umum Program Keluarga Harapan (PKH). Jakarta: Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, 2012.

Muslim, "Pendekatan Partisipatif dalam Pengembangan Masyarakat," vol. 8, pp. 89-103, 2007.

N. Saehu, "KKN Sisdamas: Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui Penggunaan Smartphone untuk Marketplace," Alkhidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 15-25, 2019.

R. Suleman, "Program Keluarga Harapan (PKH): Antara Perlindungan Sosial dan Pengentasan Kemiskinan," Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarat, pp. 88-92, 2017.

N. Suryani, "Peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produk Camilan Khas Gresik," in Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 2018.

S. Yulianda, "Pengaruh Kecakapan Manajerial terhadap Kualitas Laba: Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015," Jurnal Wahana Riset Ak, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v5i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.