Kota Sehat Kelurahan Gadingkasri Kota Malang

Elta Sonalitha, Kukuh Yudhistiro, Aditya Galih Soelaksono, Devita Maulina Putri, Elfiatur Roikhah

Abstract


Kebersihan, kenyamanan, keamanan dan sehat merupakan suatu keadaan yang menjadi target bagi pemerintah kota dalam menjalankan pemerintahannya. Tujuan tersebut dapat terlaksana melalui beberapa tatanan dan kegiatan yang saling berhubungan dan disepakati bersama oleh masyarakat dengan pemerintah dalam rangka meraih Kota Sehat. Pelaksanaan Kota Sehat melalui berbagai aktivitas seperti pemberdayaan masyarakat yang difasilitasi oleh pemerintah. Agar dapat terwujud, maka diperlukan sebuah wadah atau forum melalui lembaga masyarakat yang ada. Di Kelurahan Gadingkasri, Forum Gadingkasri Sehat dibentuk dalam upaya untuk membentuk kondisi Kelurahan Gadingkasri Kota Malang yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya melalui pemberdayaan kelompok kerja masyarakat yang difasilitasi oleh sektor terkait dan turut masuk dalam tata dan perencanaan wilayah di Kota Malang. Kata kunci: kota sehat, web, kelurahan

Full Text:

PDF

References


. Hapsari, D., Sari, P., Afifah, T., Suriani, O., (2007). Gambaran Kebijakan Penyelenggaraan Kota Sehat pada Lima Kota di Indonesia. Media Litbang Kesehatan, Volume XVII Nomor 3. Halaman 19-28.

. United State Environmental Protection Agency. Seminar Publicatation Risk Assessment,

Management and Communication of Drinking Water Contamination 1990.

. Louvar JF, Louvar BD. Health and Environmental Risk Analysis: Fundamentals with Applications: Prentice Hall PTR; 1998.

. Rahman A. Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan: Prinsip Dasar, Metoda Dan Aplikasi. Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia; 2007.

. World Health Organization. Principles for the toxicological assessment of pesticide residues in food: World Health Organization; 1990.

. Calabrese EJ. ATSDR Public Health Assessment Guidance Manual: Taylor & Francis; 1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v2i2.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka