Pelatihan Pembuatan Proposal Business Plan Menggunakan AI Bagi Mahasiswa Bisnis Digital Universitas Ngudi Waluyo

Irsal Fauzi, Kustiyono Kustiyono, Abdul Aziz, Vera Rahmawati, Rigo Wahyu Prihantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa Program Studi Bisnis Digital Universitas Ngudi Waluyo dalam menyusun proposal bisnis. Sebanyak 26 mahasiswa mengikuti pelatihan yang terdiri dari tiga tahap: pengenalan konsep AI, praktik langsung menggunakan platform AI, dan evaluasi hasil akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kualitas proposal bisnis mahasiswa setelah mengikuti pelatihan. Proposal yang dihasilkan menjadi lebih terstruktur, mendalam dalam analisis data, dan disajikan secara profesional. Hal ini mengindikasikan bahwa integrasi AI dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas output mahasiswa, sekaligus mempersiapkan mereka untuk menghadapi dinamika dunia bisnis yang semakin digital. Penelitian ini merekomendasikan perluasan penggunaan AI dalam pembelajaran bisnis dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa di era digital.

Keywords


Pelatihan; Proposal; Business Plan; Artificial Intelligence; Mahasiswa; Training; Student

Full Text:

PDF

References


A. Romadhona, “Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam,” Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pengemb. Keprofesian Berkelanjutan, vol. 7, pp. 97–106, 2022.

AACSB., “Business School Innovation in the Age of Generative AI.,” aacsb.edu, 2023. https://www.aacsb.edu/?utm_source=google&utm_medium=cpc&utm_campaign=fy25-brand&utm_content=brand&gad_source=1&gclid=Cj0KCQiAi_G5BhDXARIsAN5SX7oaQl1ubqTwIJIzYL-1mXRNneEMMVXMlSfTa4D00x49xS43CwEnCrIaAg6XEALw_wcB (accessed Nov. 20, 2024).

D. C. of Business., “How Can AI Tools Like ChatGPT Be Used in Higher Education?,” daniels.du.deu, 2023. https://daniels.du.edu/blog/how-can-ai-tools-like-chatgpt-be-used-in-higher-education/ (accessed Nov. 20, 2024).

McKinsey Global Institute, “The Cconomic Potential of Generative AI: The Next Productivity Frontier,” McKinsey & Company, 2023. https://www.mckinsey.com/capabilities/mckinsey-digital/our-insights/the-economic-potential-of-generative-ai-the-next-productivity-frontier?stcr=C9A75624B81C4A47AB66FFA090CEB42B&cid=other-eml-mtg-mip-mck&hlkid=6fe9b77ebd4b4d4e8653dc6f365ff7df&hctky=1926&hd (accessed Nov. 20, 2024).

D. P. Indriasari and N. Fatma, “Pelatihan Menyusun Proposal Business Plan Pada Umkm Desa Bonto Lempangan,” Nobel Community Serv. J., vol. 2, no. 1, pp. 21–28, 2022.

Musnaini, B. Wediawati, Z. Adriani, R. Ratnawati, and D. Elliyana, “Pelatihan Business Plan pada UMKM di Desa Koto Rendah,” BAKTIMAS J. Pengabdi. pada Masy., vol. 2, no. 3, pp. 129–132, 2020.

I. Fauzi, D. Ariani, A. Aziz, and N. Herawati, “Pelatihan Pembuatan Karikatur 3D Melalui Pemanfaatan Artificial Intelligence ( AI ) Bagi Guru KB Belia Puraya,” PakMas (Pengabdian Kpd. Masyarakat), vol. 4, no. 1, pp. 48–54, 2024, doi: 10.54259/pakmas.v4i1.2586.

Wibowo, Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo, 2007.

Djaman Satori, Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.

T. M. Singh and et al., “Green Marketing, Brand Image Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 7, no. 3, pp. 383–398, 2023, doi: 10.31955/mea.v7i3.3359.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v7i2.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.