Sosialisasi Kurikulum Merdeka pada pembuatan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Uswatun Hasanah, Ani Sulianti, Nurul Saila, Misdiyanto Misdiyanto, Mochammad Firman Arif

Abstract


Lembaga pendidikan mempunyai tugas yang sangat penting terkait dengan pendidikan moral dan karakter. Kurikulum merupakan landasan utama dalam sistem pendidikan suatu negara. Di Indonesia, sistem kurikulum telah mengalami sejumlah perubahan dan transformasi selama bertahun-tahun. bermakna dalam proses pembelajaran. Pendidikan yang penting membentuk generasi cerdas, berkarakter dan nasionalis, maka dengan adanya  Kurikulum Merdeka, dan nilai Pancasila dapat mencapai tujuan bangsa. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang terbaru di sistem pendidikan Indonesia. Ciri khas dari kurikulum merdeka yaitu Projek Penguatan Profil Pancasila hal tersebut ssuai dengan visi pendidikan Indonesia yaitu Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Pada kurikulum Merdeka ada dua modul yaitu modul ajar untuk pembelajaran intrakurikuler dan modul proyek untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pada penyusunan modul bisa dilihat pada buku panduan khususnya modul proyek, dimana pada modul proyek sudah ada tema yang sudah ditentukan sesuai dengan fase peserta didik. Pada pembuatannya juga diharapkan dapat disesuaikan dengan karakteristik disatuan pendidikan dan peserta didik. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka diharapkan dapat mencetak generasi muda yang cerdas, kritis dan berdaya saing global sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia secara global.

Keywords


sosialisasi; modul; proyek; familiarization; modules; projects

Full Text:

PDF

References


R. Rahayu, R. Rosita, Y. S. Rahayuningsih, A. H. Hernawan, and P. Prihantini, “Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak,” Jurnal basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6313–6319, 2022.

D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi, “Pengertian pendidikan,” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6, pp. 7911–7915, 2022.

M. Suryaman, “Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar,” in Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2020, pp. 13–28.

J. B. Manalu, P. Sitohang, and N. H. Henrika, “Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar,” Prosiding Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 80–86, 2022.

S. P. I. Sukatin and M. S. S. Al-Faruq, Pendidikan Karakter. Deepublish, 2021.

I. Musbikin, Pendidikan karakter disiplin. Nusamedia, 2021.

H. E. Mulyasa, Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara, 2022.

R. MAULANA, “Merdeka Belajar,” 2021, Kemendikbudristek.

N. H. Ependi et al., Pendidikan Karakter. Sada Kurnia Pustaka, 2023.

D. Rahmadayanti and A. Hartoyo, “Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar,” Jurnal basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7174–7187, 2022.

R. Vhalery, A. M. Setyastanto, and A. W. Leksono, “Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur,” Research and Development Journal of Education, vol. 8, no. 1, pp. 185–201, 2022.

S. W. Nasution, “Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar,” Prosiding Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 135–142, 2022.

Y. Yunita, A. Zainuri, I. Ibrahim, A. Zulfi, and M. Mulyadi, “Implementasi kurikulum merdeka belajar,” Jambura Journal of Educational Management, pp. 16–25, 2023.

P. S. Wijayanti, U. P. Y. Prosa Pendidikan Matematika, T. R. Herawati, and S. I. F. UPY, “Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA,” 2022.

P. Pengembangan, P. Penguatan, and P. P. Pancasila, “REPUBLIK INDONESIA.”

K. Kemendikbudristek, “Buku saku rapor pendidikan Indonesia untuk satuan pendidikan: rapot pendidikan indentifikasi, refleksi, benahi,” 2021, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Y. Luturmas, E. Diana, A. Abdusshomad, and R. R. S. Wiranata, “Implementasi Struktur Kurikulum Berdasarkan Kemendikbudristek No 371/M/2021 Dan Pp No 57 Tahun 2021 Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Tahun Ajaran 2022/2023 Di Madrasah Ibtidaiyah,” Jurnal Multidisipliner BHARASA, vol. 1, no. 2, pp. 71–81, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v7i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.