Sosialisasi dan Pendampingan Tenaga Pendidik dalam Penerapan Teknologi Absensi Berbasis Qr Code di Sekolah Dasar Desa Tugu

Jamilah Karaman, Risma Sitadewi, Yuri Asiva Nastiti, Raihan Wiku Bhakti, Ahnaf Hafiz Ihsan Mahendra, Aliev Versa Herdiansyah, Julian Eka Crisnanda, Trias Saifudin

Abstract


Absensi berperan penting dalam kehidupan sehari-hari di berbagai institusi seperti sekolah, universitas, dan tempat-tempat lainnya sebagai laporan atau tanda kehadiran.  Pada saat ini sistem absensi di lembaga pendidikan khususnya Sekolah Dasar (SD) umumnya masih dilakukan secara manual. Sistem absensi memiliki kelemahan yaitu kurang efisien dalam melakukan rekap absen karena membutuhkan banyak waktu. QR Code dinilai lebih efektif digunakan dalam sistem absensi siswa. Absensi dilakukan dengan scan QR Code yang kemudian akan tercatat tanggal/waktu ketika melakukan absensi dan tersedia laporan dalam bentuk tabel dan grafik. Pada penelitian ini akan dilakukan implementasi QR Code dalam sistem absensi Sekolah Dasar di Desa Tugu Kec Mlarak Kabupaten Ponorogo sebagai salah satu program kerja Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik). Implementasi QR Code dalam sistem absensi diharapkan dapat mengatasi masalah yang muncul pada absensi manual dan memudahkan pengumpulan data kehadiran secara akurat. Tahapan penelitian dilakukan dengan mengunjungi seluruh sekolah dasar yang ada di Desa Tugu kemudian dilakukan wawancara dan sosialisasi mengenai pengenalan absensi siswa berbasis QR Code untuk membantu memudahkan absensi secara online. Kemudian membuat dan melalukan uji coba absensi melalui QR Code yaitu setiap siswa hanya perlu scan QR Code dan mengisi Google Form, kemudian akan dicatat waktu kedatangan mereka secara otomatis.


Keywords


Absensi; KKN Tematik; QR Code; Siswa; Attendance; Thematic KKN; Students

Full Text:

PDF

References


Hidayat, T. (2019). Pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. Jurnal Study Kasus , 1 - 13.

Irmayana, A., Komang, A., & Herlinda. (2021). Sistem Absensi Dan Monitoring Kehadiran Siswa Menggunakan Metode Location Based Services (LBS). PROSIDING SEMINAR ILMIAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI , 5 (2), 125.

Labolo, I. (2019). Implementasi QRCode Untuk Absensi Perkuliahan Mahasiswa Berbasis Paperless Office. JURNAL INFORMATIKA UPGRIS , 99.

Murni, S., & Sabaruddin, R. (2018). Pemanfaatan Qr Code Dalam Pengembangan Sistem Informasi Kehadiran Siswa Berbasis Web. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika , 200.

Nugraha, Y. I. (2017). Absensi Pintar Portable Berbasis Android, Web, Dan Mikrokontroler. Repository Unikom , 1-15.

Paramita, R. P. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM ABSENSI SISWA BERBASIS WEBSITE DENGAN SMS GATEWAY PADA SMK NEGERI 2 JAKARTA (Skripsi ed.). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Pratama, D. A. (2021). PERANCANGAN SISTEM ABSENSI SISWA DENGAN IMPLEMENTASI QR-CODE DAN KRIPTOGRAFI AES-128 BERBASIS ANDROID (Skripsi ed.). Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Pulungan, A., & Saleh, A. (2019). PEMANFAATAN QR CODE DALAM MEMUDAHKAN PROSES ABSENSI SISWA BERBASIS APLIKASI MOBILE. Masyarakat Telematika Dan Informasi Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi , 10 (1), 2.

Rhomadhona, H. (2018). Penerapan Teknologi QR Code Berbasis Web untuk Absensi Pegawai pada BKPSDM Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Humaniora dan Teknologi , 4 (1), 2.

Universitas Muhammadiyah Ponorogo. (2023). Panduan Teknis Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata. Ponorogo: Umpo Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v6i2.143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.