Pelatihan Pembuatan Worksheet Berbantuan Aplikasi Canva Pada IGRA Kabupaten Magetan Untuk Menunjang Pembelajaran

Lusty Firmantika, Luthfiya Fathi Pusposari

Abstract


Konsep pembelajaran di Raudhatul Athfal (RA) adalah belajar sambal bermain. Oleh karena itu, pembelajaran  di RA haruslah menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan terjadi jika motivasi belajar siswa tinggi. Motivasi belajar dapat ditingkatkan jika media pembelajaran yang digunakan menarik. Worksheet merupakan salah satu media pembelajaran yang banyak digunakan di RA. Sehingga  tampilannya harus menarik. Pembuatan worksheet yang menarik dapat menggunakan aplikasi canva. Namun masih banyak guru yang belum bisa memanfaatkan canva untuk membuat worksheet dengan tampilan yang menarik. Oleh karena itu, Guru RA memerlukan pelatihan pembuatan worksheet berbantuan aplikasi canva.  Pelatihan ini melaui beberapa tahapan/metode sebagai berikut: 1) Analisis Kebutuhan Pelatihan; 2) Rencana Pelatihan; 3) Pelaksanaan Pelatihan; 4) Hasil Pelatihan.. Tujuan pelatihan ini yaitu: 1) Memberikan kesempatan kepada Guru RA untuk membuat worksheet dengan tampilan yang menarik sesuai tema pembelajaran; 2) Menstimulus Guru RA untuk memunculkan ide kreatif dan inovatif dalam membuat worksheet; 3) Melatih Guru RA untuk memanfaatkan canva for education untuk mendukung  proses pembelajaran


Keywords


Pelatihan; Worksheet; Canva; Guru Raudhatul Athfal (RA)

Full Text:

PDF

References


H. Muthmainnah, “Karakteristik Belajar Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 5, no. 1, pp. 1–23, 2020, doi: 10.22373/bunayya.v5i1.6379.

Garris Pelangi, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA,” J. Sasindo Unpam, vol. 8, no. 2, pp. 1–18, 2020, [Online]. Available: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354.

R. E. Tanjung and D. Faiza, “Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 2, p. 79, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i2.104261.

P. Bobik, M. J. Boschini, M. Gervasi, D. Grandi, K. Kudela, and P. G. Rancoita, “Primary helium cr inside the magnetosphere: A transmission function study,” Astroparticle, Part. Sp. Physics, Detect. Med. Phys. Appl. - Proc. 9th Conf., pp. 909–916, 2006, doi: 10.1142/9789812773678_0145.

M. Misrawati and D. Suryana, “Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 298–306, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i1.1249.

N. Rahmi, A. F. S, and W. Ekasasmita, “Pelatihan Pembuatan Worksheet dengan Aplikasi Canva untuk,” vol. 2, pp. 9–17, 2023.

R. Pujiaswati, E. H. Mulyana, and S. Mulyadi, “Pengembangan Lembar Kerja Anak (Lka) Model Stem Pada Konsep Terapung Melayang Tenggelam Untuk Memfasilitasi Keterampilan Saintifik Anak Usia Dini,” J. Paud Agapedia, vol. 4, no. 1, pp. 107–117, 2020, doi: 10.17509/jpa.v4i1.27202.

M. D. Sanjaya and Inawati, “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Berbicara,” J. Bind. Sastra, vol. 3, no. 2, pp. 104–118, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index.

D. A. Inzani et al., “Webinar Pelatihan Media Pembelajaran,” J. Lepa-Lepa …, vol. 1, pp. 143–151, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/16867.

Z. Fajri, I. F. Dewi Riza, H. Azizah, Y. Sofiana, U. Ummami, and A. Andila, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso,” Equilib. J. Pendidik., vol. 10, no. 3, pp. 397–408, 2022, doi: 10.26618/equilibrium.v10i3.8583.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v6i2.136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.