Pendampingan UMKM Kelurahan Peterongan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Menyongsong Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 Melalui Perancangan Strategi Branding

Adhi Pradiptya, Yohanes Suhardjo, Fredericho Mego Sundoro, Susanto Susanto

Abstract


Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Wilayah Kelurahan Peterongan Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang, masih lemah dan sempitnya pelaku UMKM dalam Pembuatan Branding dan Pemasaran. Masih banyak para pelaku UMKM tidak memahami Cara Pengemasan, Inovasi Branding dan  jangkauan pemasaran secara luas. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk membantu mendapatkan kepercayaan konsumen dan meningkatkan penjualan bagi UMKM di Kelurahan Peterongan yang terdampak pandemi COVID 19. Dengan adanya kondisi pandemi ini maka UMKM di tuntut untuk bertahan agar terhindar dari kebangkrutan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan memberikan pelatihan secara langsung dengan tutorial dilapangan dengan mengajarkan cara menerapkan bagaimana Caranya Pengemasan dan Melakukan Inovasi Branding. Hasil yang diharapkan yaitu produk UMKM di Kelurahan Peterongan semakin mendapatkan kepercayaan konsumen dan jangkauan pasar yang lebih luas tentunya dengan produk yang dikenali dan mudah di akses oleh konsumen.

Keywords


Inovasi Branding; Jangkauan Produk; Penjualan Produk

Full Text:

PDF

References


K. Firmansyah, K. Fadhli, I. A. Noviandy, and S. Rini, “Pengenalan Media Sosial dan E-Commerce sebagai Media Pemasaran serta Pengemasan Frozen Food,” Jumat Ekon. J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 43–48, 2020.

M. Faizah, F. Syarifah, and ..., “Pengembangan Keterampilan dan Kreatifitas Limbah Plastik menjadi Kerajinan Bernilai Guna dan Ekonomis,” Jumat Ekon. J. …, vol. 1, no. 1, pp. 5–7, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1001.

C. Högström, A. Gustafsson, and B. Tronvoll, “Strategic brand management: Archetypes for managing brands through paradoxes,” J. Bus. Res., vol. 68, no. 2, pp. 391–404, 2015, doi: 10.1016/j.jbusres.2014.06.009.

M. Rahman, M. Á. Rodríguez-Serrano, and M. Lambkin, “Brand management efficiency and firm value: An integrated resource based and signalling theory perspective,” Ind. Mark. Manag., vol. 72, no. March, pp. 112–126, 2018, doi: 10.1016/j.indmarman.2018.04.007.

T. Heding, C. F. Knudtzen, and M. Bjerre, Brand management: Research, theory and practice. 2008.

M. A. Sadat, Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyaninan. Jakarta: Salemba Empat, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jmm.v5i2.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka